[SOLVED] Error Mikrotik: Bridge Port Received Packet With Own Address As Source Address, Probably Loop


Baru-baru ini mikrotik saya RB 941-2nd hAP Lite mengalami gejala yang tidak sehat. Pada log mikrotik menampilkan warning "Bridge Port Received Packet With Own Address As Source Address, Probably Loop" secara terus menerus, Akhirnya malam ini hal tersebut bisa saya atasi, meski dengan cara trial error tetapi dengan menghilangnya pesan tersebut membuat mikrotik saya bisa berjalan dengan lancar kembali.


Apa yang terjadi ketika warning tersebut keluar secara terus menerus?

Yang terjadi ketika warning tersebut keluar secara terus-menerus mengakibatkan beberapa user/pengguna yang sedang online tiba-tiba keluar tanpa sebab dengan meninggalkan pesan pada log mikrotik: "logout : keepalive timeout".

Bisa saya tebak, pesan pada log mikrotik: "logout : keepalive timeout" berarti user/pengguna tersebut dianggap tidak aktif dalam kurun waktu tertentu. Memang kebanyakan user yang logout otomatis tersebut sedang bermain game flash dimana tidak menggunakan akses internet secara terus menerus alias akses internet hanya digunakan saat membuka game flash tersebut untuk pertama kali selanjutnya game akan berjalan tanpa menggunakan akses internet.

Hal ini tentu merugikan bagi saya, karena ketika user/pengguna keluar otomatis dan user tersebut tetap bermain game dengan asiknya maka waktu yang seharusnya digunakan untuk membatasi penggunaan pc user di warnet saya menjadi tidak berjalan secara semestinya alias user tersebut main gratis.

Lalu apa solusinya?

Install ulang + upgrade RB 941-2nd hAP Lite
Install ulang + upgrade RB 941-2nd hAP Lite

Setelah saya coba-coba, melakukan trial error karena di google jawaban-jawaban yang saya dapat kurang memuaskan. Bahkan sampai saya instal ulang RB Mikrotik saya plus upgrade menggunakan netinstal permasalahan tersebut tetap ada.

SOLUSI

Akhirnya malam ini bisa ketemu solusinya. Usut punya usut, ternyata terjadi semacam penumpukan konfigurasi pada settingan "BRIDGE" (/interface bridge) di mikrotik saya,

Pada settingan "BRIDGE", saya memasukan port ether2 dan wds (saya menggunakan wds). Dan ternyata hal ini menyebabkan keluarnya warning "Loop" tadi karena port ethernet2 dan wds sama-sama menuju ke AP Outdoor.

Disable ether2, dan hanya menggunakan wds untuk di bridge dengan wlan1

Dengan mendisable port ethernet2 dan hanya mengaktifkan port wds, jaringan menjadi normal kembali dan warning "LOOP" yang mengganggu tidak muncul kembali.

CMIIW. Salam.

2 Responses to "[SOLVED] Error Mikrotik: Bridge Port Received Packet With Own Address As Source Address, Probably Loop"

  1. Replies
    1. kalau ada solusi lain boleh dibagi ilmunya gan. kalau yang saya tulis pengalaman saya sih.

      Delete

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)