Cara Mengatasi Error Mikrotik - Web Browser Did Not Send Challenge Response (Try Again, Enable JavaScript)


Beberapa waktu yang lalu saya menemui permasalah error ini setelah memakai AP tambahan sebagai repeater untuk menguatkan sinyal jaringan di RT/RW Net saya. Error ini muncul pada tampilan halaman login hotspot. Jadi saat user berusaha login, dan user menekan tombol submit, user tersebut akan mendapati pesan error Web Browser Did Not Send Challenge Response (Try Again, Enable JavaScript) atau bahasa Indonesianya "Web browser tidak bisa merespon (coba lagi, aktifkan Javascript" dan login tidak berhasil.

Setelah browsing sana-sini akhirnya permasahalan error pada login hotspot ini berhasil teratasi dengan baik. Lalu bagaimana caranya?

Penanganannya simple, cukup mengganti pengaturan User Profile pada IP -> Hotspot Mikrotik. Ubah login-by dari "http-chap menjadi http-pap. Lalu coba login kembali, maka error tidak akan muncul dan user berhasil masuk.

Lihat step by stepnya di bawah ini :

1. Tampilan error pada login hotspot Mikrotik

2. Masuk ke IP -> Hotspot -> User Profile

3. Ubah Login By dari HTTP CHAP menjadi HTTP PAP

4. Login kembali maka login tidak error lagi
Selesai, lalu apa pengaruhnya pada jaringan kita? sejauh ini belum ada permasalahan setelah mengganti pengaturan login by tersebut, jadi saya anggap cara ini masih cukup membantu jika menemui permasalahan error tersebut.

Salam.

6 Responses to "Cara Mengatasi Error Mikrotik - Web Browser Did Not Send Challenge Response (Try Again, Enable JavaScript)"

  1. bang buat user gimana? internet saya pake kabel lan, tapi kalo di hotspot lewat pc internet jadi gak jalan dan ada pesan error "web browser did not send challenge response ()"

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau buat user di menu ip->hotspot->user
      .
      .
      .
      coba ubah login by-nya dari HTTP CHAP jadi HTTP PAP atau ganti browser atau ganti template login, itu kemungkinan2 yang bisa terjadi

      Hapus
  2. gan ane seting ikutin itu tulisan diatas emang hilang javascripnya tapi koneksi internetnya g ada juga cuman konek doang,.bantuin gan

    BalasHapus
  3. ke IPnya gmn gan? soalnya sya nerusin wifi pengurus kos bukan wifi personal...

    BalasHapus