Pengalaman TERTIPU Belanja Online di Bukalapak.com

Bukalapak adalah situs jual beli online di Indonesia yang selalu menjadi andalan saya ketika berbelanja online. Tidak sedikit barang yang sudah saya beli melalui situs jual beli ini. Alasan utamanya jelas keamanannya karena jual beli online modal utamanya adalah kepercayaan. Saya percaya dengan Bukalapak karena saya merasa aman berbelanja online melalui situs ini.

Kenapa saya katakan Bukalapak adalah situs jual beli online yang aman? Karena saya sudah pernah berbelanja melalui situs jual beli ini dan selama berbelanja hampir 100% berakhir dengan feedback positif.

Apaan sich BUKALAPAK?

Sebenarnya, Bukalapak tidak menjual barang-barang produksinya sendiri, melainkan Bukalapak memfasilitasi penjual untuk menjual barang-barangnya melalui situs Bukalapak.com. Fungsi utama Bukalapak disini sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Setiap transaksi yang terjadi harus melalui Bukalapak. 

Contoh gampangnya ketika seorang pembeli tertarik dengan barang yang dijual di situs Bukapalak, pembeli akan diarahkan untuk mentrasfer dananya ke rekening bank milik Bukalapak. Jika dana dari pembeli sudah masuk, penjual diharuskan segera mengirimkan barang pesanan pembeli ke alamat pembeli barang tersebut. Jika pembeli sudah menerima barang sesuai dengan pesanan maka dana dari pembeli tadi akan diteruskan ke penjual, transaksi selesai.

Jika barang yang diterima tidak sesuai pesanan, pembeli bisa melakukan komplain melalui situs Bukalapak hingga terjadi kesepakatan antara pembeli dan penjual. Kalaupun terjadi indikasi penipuan, dana dari pembeli tetap aman karena dana masih terjaga dengan baik di Bukalapak. Dan oknum penjual penipu tidak bisa mendapatkanya.

Pengalaman Ketipu Belanja Online di Bukalapak.com

Pengalaman berbelanja di Bukalapak ada enak ada enggaknya. Enak karena dengan gampang saya bisa mencari barang yang mungkin sulit untuk dicari di toko sekitar, dan enaknya lagi saya bisa ngebandingin barang dari yang termurah sampai yang termahal. Nggak enaknya karena saya pernah hampir ketipu sama oknum seller atau penjual bodong. Mungkin dianya lagi laper kali ya? Tapi untungnya dana saya aman nggak sampai kegondol sama si seller bodong, maklum mungkin dia nggak tahu kalau dana bakalan ditahan sampai saya sebagai pembeli merasa puas dengan barang yang saya beli.

Kronologis jelasnya sih begini, waktu itu saya masih megawai di Jakarta, sebagai anak perantauan dari desa, saya yang kesampaian menginjakan kaki di Jakarta kepingin punya kenang-kenangan selama di Jakarta yang mungkin sewaktu-waktu bisa saya tunjukan pada pacar saya. Ndilalahnya, hape kebanggaan saya kameranya malah tewas, jadilah saya putar otak buat nyari penggantinya. Bukan, bukan ganti hape sih maksud saya, bosen. Saya malah kepikiran buat nyari kamera digital. Enak aja gitu kalau pakai kamera digital, selain waktu moto gak keganggu sama telepon, sms atau chat yang masuk, baterainya juga jadi lumayan awet karena dipakai buat foto sama video doang.

Hape dengan kamera tewas
Ini masalahnya, berhubung dana saya cekak, rasanya keder juga kalau saya kudu nyempetin ke mall buat nyari kamera digital seken. Alternatif terbaik menurut saya ya hunting barang di situs jual beli online. Ada banyak sih situs jual beli di Indonesia, tapi menurut saya Bukalapak lho yang fiturnya keren-keren dan harga barangnya entah kenapa lebih murah. Akhirnya jadilah saya nyari kamera digital seken di situs Bukalapak.com.

Sebenernya ada banyak sekali promo kamera digital di Bukalapak, tapi perhatian saya tertuju pada salah satu produk kamera digital yang menurut saya saya banget, pengennya dapet barang dengan harga murah (pake banget) tapi barang mulus (pake banget). Harganya itu lho, menurut saya hancur banget, barangnya di foto juga masih mulus, apalagi ditambah embel-embel barang jarang dipakai, akhirnya saya kepincut trus order barang tersebut.

Pengiriman dari belanja online normalnya memakan waktu 3-7 hari. Dan benar saja, barang yang saya idam-idamkan akhirnya datang juga.

Tapi apa yang saya dapatkan diluar perkiraan, setelah saya buka barang yang dikirimkan ternyata isinya barang rongsokan, alih-alih mendapat kamera yang bagus malah kamera hancur yang saya dapatkan.

Kamera digital berisi baterai yang sudah bocor, komponen juga sudah hancur 

Tampilan fisik kamera yang terlihat 'mulus' tapi menipu

Karena barang yang saya dapatkan tidak sesuai pesanan, saya nyoba komplain ke penjualnya, sebut saja mas Oknum, melalui fitur Pesan yang ada di situs Bukalapak. Tapi sayang sekali usaha saya sia-sia, tidak ada balasan dari mas Oknum sama sekali. Padahal komunikasi dengan mas Oknum melalui fitur pesan ini sebelumnya gampang-gampang saja sebelum sempet deal-dealan.

Kamera digital harganya 150ribu! Kapan lagi?

Percakapan dengan mas Oknum

Percakapan dengan mas Oknum

Ya, mungkin memang saya lagi apes, ketipu belanja online ya saya maklum, tapi tetep saya usaha buat ngebalikin dana yang udah saya keluarin. Ternyata gampang kok, gak susah buat dapetin dana balik lagi, meski agak ribet (tapi dikit kok). Intinya kalau kronologisnya jelas, pasti Bukalapak mau ngebantu banget.

Usaha pertama saya adalah mencoba menghubungi no hp yang ada di bungkus paket yang dikirim ke saya. Sebut saja orang yang punya no hp itu mas A. Orangnya sih bisa dihubungi, tapi apa yang terjadi coba? Ternyata mas A ini orang yang sebelumnya ditipu juga sama mas Oknum. Jadi menurut cerita mas A, dia nyoba komplain kamera hancurnya ke mas Oknum. Nah mas Oknum nyaranin buat ngeretur kameranya ke alamat saya. Gampangnya, saya dijadikan kambing hitam sama mas Oknum tadi padahal status saya disini adalah pembeli yang nggak tahu apa-apa. Coba kalau saya nggak ngeh, bisa-bisa saya yang dapet getahnya dan dikira jadi orang yang mau nyoba nipu mas A. 

Percakapan dengan mas A melalui pesan di Bukalapak
Percakapan dengan mas A melalui pesan di Bukalapak
Lalu, saya coba tuh jelasin dan ceritain tuh kronologis saya ke mas A, intinya saya cerita kalau saya dapet paket kamera digital tadi dari mas Oknum, tapi alamatnya alamat mas A. Nah, disini baru kami berdua ngeh kalau jadi korban penipuan mas Oknum.

Karena usaha pertama gagal, saya pun nyoba komplain langsung ke admin Bukalapak. Ada kok fitur buat komplainnya. Gampang, ceritain aja kronologisnya. Dan ternyata responya cepet banget. Jawaban dari komplain saya ke admin Bukalapak saya disuruh nunggu dulu sampai hasil investigasi tim Bukalapak selesai.

Komplain ke bukalapak bisa melalui ini

Nah, peran Bukalapak kerasa banget disini. Dan saya merasa kebantu banget sama Bukalapak. Komplain yang saya kirimkan fast respon lho, salut buat timnya. Padahal sebelumnya saya udah pesimis dana bakal melayang, secara untuk urusan komplain-komplain kaya gini disitus lain jarang dapet balesan yang memuaskan.

Akhirnya hasil investigasi keluar, keputusannya saya diminta untuk meretur barang yang saya terima ke mas Oknum. Tapi karena mas Oknum tidak kooperatif, dan tidak bisa dihubungi lagi, admin Bukalapak menyarankan saya untuk mengirimkan barang tersebut ke alamat kantor Bukalapak. Saya ikutin aja semua instruksinya.

Hasilnya, setelah barang diterima sama tim Bukalapak, dana saya balik lagi. Enak kan? Lega lho rasanya. Oh ya, dana bakal dikembalikan nggak langsung ditransfer ke rekening saya, tapi masuknya ke fitur BukaDompet. Jadi, dana tadi bisa digunain buat belanja lagi di Bukalapak, atau bisa juga di ambil dan nantinya dana tadi bakal ditransfer ke rekening kita.

Nah, kaya gitu tuh pengalaman ketipu belanja di Bukalapak, gak nyeremin, malahan saya jadi punya pengalaman yang membuat saya jadi lebih selektif waktu milih penjual di situs jual beli online. Tapi yang jelas, saya tidak begitu was-was karena saya belanjanya di Bukalapak.com. Coba kalau saya beli langsung ke penjualnya langsung, hilang tuh duwit. Sekali lagi jaminan keamanan dari Bukalapaklah yang bikin saya nyaman belanja online.

Pengalaman Sukses Belanja Online di Bukalapak.com

Dan saya memang tidak kapok belanja di Bukalapak, banyak barang-barang kebutuhan saya yang saya beli disini. Akhirnya juga saya dapet kamera digital dengan harga miring disini. Selain kameranya masih baru (katanya hadiah gak pernah dipakai), harganya itu lho murahnya ngalahin situs jual beli lain, selisihnya aja 200ribuan, ciamik kan padahal barang bermerek.

ini lho kamera digitalnya yang ciamik

Selain kamera digital, barang yang saya beli ada ada juga helm. Nah, ini nih helm yang paling nyaman dan selalu saya pakai sampai sekarang. Waktu itu kepikiran beli helm ini karena pengen ngerasain mudik pake motor dari Jakarta ke Boja. Harganya murah banget buat helm full face. Intinya buat saya worth it banget lah.

Detail transaki beli helm di Bukalapak.com
Baru-baru ini juga saya beli hape di Bukalapak, lagi-lagi alesan utamanya karena harganya kebanting banget, bikin ngiler lho. Harga miring, dapet gress, spek gahar siap coba yang gak mau.

Belanja Online Cuma Modal Jari

Ah, pokoknya kalau urusan belanja online saya percayain sama Bukalapak. Apalagi sekarang Bukalapak ngeluarin aplikasi mobilenya lho. Jadi makin gampang deh buat belanja online. 

Tampilan apliaksi Bukalapak di hape saya

Saya udah instal aplikasinya di hape saya, dan setelah saya coba-coba gak ada kendala yang berarti buat saya. Navigasinya simpel gak ribet, gampang deh buat digunain. Buat saya Bukalapak makin oke. Oh ya, kalau kamu kepengen usaha sampingan, mau jualan online gitu, kamu bisa tuh jadi penjual online di Bukalapak, kaya saya. Nyari barangnya di Bukalapak, terus jual lagi di Bukalapak. Lumayan lho, buat tambah-tambah uang jajan. 

Udah jelas kan sekarang kenapa saya tetep percaya sama Bukalapak padahal pernah ketipu belanja disini. Nah, instal aplikasi Bukalapaknya di hape kamu sekarang yuk. dan cobain belanja online mudah dan terpercaya.

Gimana cara instal aplikasinya? Instal aplikasi Bukalapaknya gampang kok, malahan gampangan nginstal ini ketimbang nembak cewe, gak percaya? Lihat dulu deh video dibawah ini :


Gampang kan? Buruan gih ikutan instal aplikasinya di hape kamu. Kalau kamu pakai android langsung buka aja di sini atau kalau kamu pakai ios bisa juga kok buka di sini. Atau, kalau informasi dari blog ini kurang memuaskan, buka aja website resminya Bukalapak di bukalapak.com.

Ssst, jangan lupa sempetin mampir ke lapak saya di sini ya.

Bukalapak.com, belanja gampang cuma modal jari.


41 Responses to "Pengalaman TERTIPU Belanja Online di Bukalapak.com"

  1. makaso onfonya gan sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, senang sekali kalau artikel di blog ini bisa membantu

      Delete
  2. Setelah kamera dikirim ke kantor bukalapak, Kalau duit akang kan balik tuh? Kalau duit si A gimana tuh kang nasib nya? balik juga gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu karena tidak bertanya pada si A, tapi kemungkinan dibalikin juga

      Delete
  3. thax gan richad,,,sangat membantu,,,

    ReplyDelete
  4. Gmn caranya agar tdk tertipu..puxa tips gk...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satunya menggunakan rekber seperti bukalapak ini gan karena bisa meminimalisir tindakan penipuan, satu lagi, harga yang terlalu murah bisa jadi salah satu indikasi penipuan

      Delete
  5. kekurangan bukalapak thu testimoni pembelinya g kayak di shopee... klo di shopee comen pembeli perbarang yang dijual bukan comen campuran dari 1 penjual... sama jarang ada gratis ongkir

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. sebenernya pengalaman sebelum ada kontes, tapi karena kebetulan ada kontes saya ikutin aja

      Delete
  7. Kalau kita meretur barang,ongkirnya ditanggung kita atau ditanggung bukalapak nya gan?

    ReplyDelete
  8. ini juga pengalaman saya yg mungkin membantu http://tibersamobile.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  9. Di bukalapak.com ada hrga hp yg normalnya 10jt tp dsna 1jt, bener g tuh ?? Tkt ketipu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat dulu reputasi penjualnya, dan harga pasarannya apakah terpaut jauh atau tidak dengan harga yang ditawarkan, lihat juga apa yang dijual barang bekas atau hanya replika atau barang rusak

      Semoga membantu

      Delete
  10. kalau beli hp diatas 4jt kira2 aman ga yah dibukalapak? soalnya JNE dtmpat sya suka lambat pengirimannya, jdwl pngiriman 4 hari bisa2 smpe lebih dri 1 minggu, klo barang blm dterima tapi uang sudah dtransfer ke penjual kan ngeri, takutnya barang gak sesuai harapan, bisa2 uang lenyap. gmn caranya supaya kita yakin transaksinya aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transaksi di bukalapak aman karena uang yg kita transfer tidak langsung diterima oleh penjual tapi disimpan dulu sama bukalapak, baru kalau kita sudah terima barang dan sesuai keinginan kita baru uang diteruskan ke penjual kalau tidak sesuai bisa di komplainkan dan uang balik ke kita lagi

      Delete
  11. Transaksi di bukalapak aman karena uang yg kita transfer tidak langsung diterima oleh penjual tapi disimpan dulu sama bukalapak, baru kalau kita sudah terima barang dan sesuai keinginan kita baru uang diteruskan ke penjual kalau tidak sesuai bisa di komplainkan dan uang balik kr kita lagi

    ReplyDelete
  12. KNTOR BUKA LAPAK DMANA MAS?KRN PKET KIRIMANKU SDH SAMPE KE PEMBLI,TP SDH SMINGGU UANG BLUM JG MASUK KE REK BUKA DOMPETKU.TX

    ReplyDelete
  13. setahu saya alamatnya di sini:
    PT Bukalapak.com

    Plaza City View Lt. 1
    Jl. Kemang Timur No. 22 Pasar Minggu,
    Pejaten Barat
    Jakarta, Indonesia 12510

    Jam Kerja:
    Setiap hari pukul 07.00 - 22.00 WIB

    ReplyDelete
  14. Mas, bantu saya. Saya kebingungan cara pembayaran di bukalapak. Hubungi saya ke alamat email herumi21.90@gmail.com atau call/sms ke nomor 082-301030-243

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika belum mempunyai akun di Bukalapak silakan buat dulu akun baru di Bukalapak, kemudian cari barang yang ingin dibeli, selanjutnya akan ada cara pembayarannya.

      Delete
  15. Mudah2an ga nemu penjual kaya gitu, soalnya lumayan sering belanja disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, saya juga sering belanja di situ tapi baru kali itu saya ketipu

      Delete
  16. misalnya kejadian tuh kyk diatas. langkah pertama hub admin bukalapak ya? caranya gmn hub nya gan? ane mau order diatas 7jt hehe belum pernah di BL, TP, atau Shoope

    ReplyDelete
  17. Sebaiknya untuk menghindari ketipu biasakan ketemuan langsung ..Bisa cek kondisi barang.saya pribadi walaupun tidak sering belanja ol tapi pernah 3x yang semuanya sistem cod .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar gan, memang COD lebih menjamin daripada belanja ol, tetapi jika tidak memungkinkan untuk mendapatkan barang secara COD alternatif yang aman melalui rekber semacam Bukalapak, Tokopedia, dsb

      Delete
  18. saya gk tertipu kq,,drone yg saya pesan sabtu tempo hari,,hari ini dah terbang keliling lapangan,,pd hal jauh loh sy,,di pdalaman aceh,,di abdya,,gk nygka nyampe pas spt yg di infokan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan, pinter2nya pembeli milih penjual aja, karena penipu juga sering promosi di Bukalapak dengan harga yang gak wajar, untung pembayaran melalui Bukalapak jadi bisa di antisipasi penipuannya, meskipun kalau udah terlanjur ketipu kita harus nanggung biaya kirim kembali pakai uang kita sendiri

      Delete
  19. ada facebook mas?
    lewat PM aja.. saya mau tanya2.

    ReplyDelete
  20. Tks infonya gan,pengalaman di BL barang ga sampe2,ternyata penjual salah tulis nomor rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, untung ketahuan penyebabnya ya gan

      Delete

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)