Pengalaman Memperpanjang Surat Keterangan Pengganti e-KTP

Surat Keterangan Pengganti EKTP

Saya tidak menyangka ternyata masa berlaku Surat Keterangan (SK) Pengganti E-KTP sudah mencapai 6 bulan. Seperti yang tertera pada SK tersebut, masa berlaku untuk SK tersebut adalah 6 bulan dari terbitnya SK tersebut. Dan jika E-KTP belum juga ada maka SK harus diperpanjang kembali.

Bulan Mei 2017 kemarin adalah habisnya masa berlaku SK saya, karena saya mendapatkan SK tersebut pada bulan November 2016. Mau tidak mau maka saya harus memperpanjangnya karena saya memang membutuhkan SK Pengganti E-KTP tersebut untuk mengurus Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran putra saya

Syarat Perpanjangan SK Pengganti E-KTP:

- SK Pengganti E-KTP lama (yang sudah kadaluarsa)

Tahap Perpanjangan SK Pengganti EKTP:

Ketika saya bertanya di Kecamatan Boja, ternyata dari pihak Kecamatan menyarankan untuk langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) Kendal untuk memperpanjang SK tersebut. Karena bulan berakhirnya SK saya bertepatan dengan bulan suci Ramadhan maka untuk mengantisipasi jam kerja yang lebih pendek maka saya berusaha berangkat agak pagi.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) Kendal
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) Kendal

Sesampainya di DISPENDUKCAPIL Kendal saya bertanya kepada penjaga no urut antrian. Ketika ditanya, saya mengutarakan maksud saya untuk memperpanjang SK Pengganti E-KTP. SK yang lama di mnita dan selanjutnya saya di berikan no urut 102 yang distapler pada SK tersebut kemudian diminta untuk menunggu no saya di panggil. Pada waktu itu no urut sudah mencapai no 99.

Setelah menunggu beberapa saat akhirnya no urut saya dipanggil. SK dan no urut saya berikan, kemudian diproses dengan waktu yang relatif sebentar. Kemudian saya diminta untuk tanda tangan penerimaan. Dan akhirnya SK yang baru saya dapatkan. Selesai.

Sangat mudah dan cepat ternyata dan biayanya GRATIS!!!. Mungkin hanya perlu meluangkan waktu untuk mengurusnya saja.

Biaya Perpanjangan SK Pengganti E-KTP:

- GRATIS
- Kecuali :
-- Parkir motor : 1000 rupiah
-- Bensin, dll : opsional

Catatan Tambahan :
Ketika saya tanyakan pada petugas yang melayani saya, kapan E-KTP jadi? Jawabnya E-KTP akan dikirimkan via pos ke alamat masing-masing yang tertera pada E-KTP, tapi kapan? Entahlah.

49 Responses to "Pengalaman Memperpanjang Surat Keterangan Pengganti e-KTP"

  1. Thank you. Sebentar lagi saya mau mengurus surat keterangan pengganti ktp yg sdh kadaluwarsa. Semoga sama caranya. Gak disuruh ke RT RW lagi.

    ReplyDelete
  2. Thank you. Sebentar lagi saya mau mengurus surat keterangan pengganti ktp yg sdh kadaluwarsa. Semoga sama caranya. Gak disuruh ke RT RW lagi.

    ReplyDelete
  3. Bro persyaratan nya cuman bawa SK yg lama doank kn ya? Gk perlu bawa surat pengantar RT RW

    ReplyDelete
  4. Kolo ktp resinya adanya yg foto copian nya boleh ga punya saya hilang ???

    ReplyDelete
  5. Mau tanya Mas,,, untuk perpanjang ktp sementara bisa diwakil kann gak ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak, saya kemarin perpanjang punya saya dan punya istri

      Delete
  6. Wahh bermanfaat sekali kak infonya... Hmmm kalo misalnya suket says belom kadaluwarsa Dan saya mau member pan hangings lagi bisa gak ya ?

    ReplyDelete
  7. Maaf salah ketik, itu maksudnya mau memperpanjang lagi bisa gak ya kalo tanggal suket nya belom habis ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, mending sebelum habis diperpanjang

      Delete
  8. Trims infonya. Mas mau nanya, apakah e-ktp nya sudah jadi ? Saya ingin tahu lama pengerjaan e-ktp yg hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya saya belum jadi mbak, jadi masih pakai suket (SK)

      Delete
  9. Mau nanya mas, kita cuma disuruh tanda tangan aja tanpa perlu foto ulang lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu foto lagi mas, cukup tanda tangan

      Delete
  10. Bagaimana cara kita mengetahui apakah E KTP nya sudah jadi atau belumnya, harus datang dan tanya kemana ya mas untuk e KTP nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah tanya dengan petugasnya, untuk EKTP yang sudah jadi akan dikirim via pos sesuai alamat. Tapi saya belum membuktikannya.

      Delete
  11. harus pakai surat pengantar dari rt/rw dan kelurahan juga gan bwt perpanjang ktp sementara? langsung ke kecamatan apakah bisa? trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung saja ke dinas dukcapil gan,langsung jadi. kalau ke kecamatan mungkin menunggu orang kecamatan ke capil dulu (sekalian mengurus berkas lain) mungkin harus menunggu beberapa hari

      Delete
    2. gak perlu ngurus ke kelurahan/kepolisian/kecamatan lagi kn gan?kaya buat baru?ini punya saya juga mau perpnjang suket...langsung ke dukcapil?

      Delete
    3. iya langsung ke dukcapil saja, saya kemarin begitu

      Delete
  12. Kalo kita lagi merantau apa harus ke dikcapil domisili ktp atau bisa di dikcapil kita rantau

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa ditanyakan ke dikcapil terdekat gan

      Delete
    2. Mas dedy saya mau tanya dong, apakah mas dedy sudah urus perpanjangan ktp sementaranya di di dusdukcapil tmpt mas merantau belum? Atau mas ngurusnya di di dusdukcapil domisili ktp mas.
      ktp sementara saya sudah habis masa berlakunya, saya lg merantau di bandung, sedangkan domisili ktp saya di pekanbaru.
      Mohon jawabannya yaa mas

      Delete
  13. Kalau suket pengganti ektp sudah lewat masa kadaluarsa 1 tahun lebih, apa bisa diperpanjang di disdukcapil/harus di urus dari awal lagi? Mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dekat dengan capil bisa di tanyakan langsung saja ke capil dengan membawa suket yang sudah kadaluarsa. atau jika tidak bisa ditanyakan dulu ke kelurahan setempat

      Delete
  14. Terima kasih. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  15. Thanks juragan...

    ReplyDelete
  16. Semoga aturannya masih sama ya, tidak perlu lagi ke RT RW, karena mereka juga punya pekerjaan sendiri, jadi kalau minta surat dr RT RW agak repot, harus pagi-pagi atau malam-malam, menyesuaikan jadwalnya

    ReplyDelete
  17. eh ternyata benar, cukup bawa Suket yang lama saja, tdk perlu ke RT RW lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suket nya keluaran kabupaten,, bisa nggak perpanjang di dispenduk kotamadya ya

      Delete
    2. sepertinya tidak bisa, tapi coba tanyakan dulu pada kelurahan setempat agar diberikan saran yang terbaik

      Delete
  18. Apa saja yg perlu dilampirkan

    ReplyDelete
  19. Suket saya keluaran dispenduk kabupaten,
    Bisa diperpanjang di dispenduk kotamadya,
    Terima kasih sebelumny

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba dulu gan, atau tanyakan ke keluarahan setempat agar di beri saran atau arahan

      Delete
  20. Kalau masa berlakunya udh kelewat 1 bulan gmn yah? Apa perlu bikin ulang apa diperpanjang aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba perpanjang dulu saja, atau tanyakan ke kelurahan setempat bagaimana baiknya

      Delete
  21. Sarat buat suket + hilang ktp bagaimana ...
    Untuk kepentingan bank atm hilang . Mba cs nya minta suket paling lama berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanyakan pada kelurahan setempat saja gan untuk lebih detailnya

      Delete
  22. Bro gua kan buat resi di medan karna gw org medan.. skrg di jakarta... dan skrg gua di suruh pindah krja ke bali.. resi gua dh mati bro.. kalo ngurus resinya di jakarta bisa gk bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya gak bisa bro, tapi buat pastinya coba tanya kelurahan setempat atau bisa tanya ke pak rt/rw

      Delete
  23. Kalo surat keterangan ktp sementara hilang bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya langsung di kelurahan setempat gan

      Delete

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)