Pengalaman Memperpanjang Surat Keterangan Pengganti e-KTP

Surat Keterangan Pengganti EKTP

Saya tidak menyangka ternyata masa berlaku Surat Keterangan (SK) Pengganti E-KTP sudah mencapai 6 bulan. Seperti yang tertera pada SK tersebut, masa berlaku untuk SK tersebut adalah 6 bulan dari terbitnya SK tersebut. Dan jika E-KTP belum juga ada maka SK harus diperpanjang kembali.

Bulan Mei 2017 kemarin adalah habisnya masa berlaku SK saya, karena saya mendapatkan SK tersebut pada bulan November 2016. Mau tidak mau maka saya harus memperpanjangnya karena saya memang membutuhkan SK Pengganti E-KTP tersebut untuk mengurus Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran putra saya

Syarat Perpanjangan SK Pengganti E-KTP:

- SK Pengganti E-KTP lama (yang sudah kadaluarsa)

Tahap Perpanjangan SK Pengganti EKTP:

Ketika saya bertanya di Kecamatan Boja, ternyata dari pihak Kecamatan menyarankan untuk langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) Kendal untuk memperpanjang SK tersebut. Karena bulan berakhirnya SK saya bertepatan dengan bulan suci Ramadhan maka untuk mengantisipasi jam kerja yang lebih pendek maka saya berusaha berangkat agak pagi.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) Kendal
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) Kendal

Sesampainya di DISPENDUKCAPIL Kendal saya bertanya kepada penjaga no urut antrian. Ketika ditanya, saya mengutarakan maksud saya untuk memperpanjang SK Pengganti E-KTP. SK yang lama di mnita dan selanjutnya saya di berikan no urut 102 yang distapler pada SK tersebut kemudian diminta untuk menunggu no saya di panggil. Pada waktu itu no urut sudah mencapai no 99.

Setelah menunggu beberapa saat akhirnya no urut saya dipanggil. SK dan no urut saya berikan, kemudian diproses dengan waktu yang relatif sebentar. Kemudian saya diminta untuk tanda tangan penerimaan. Dan akhirnya SK yang baru saya dapatkan. Selesai.

Sangat mudah dan cepat ternyata dan biayanya GRATIS!!!. Mungkin hanya perlu meluangkan waktu untuk mengurusnya saja.

Biaya Perpanjangan SK Pengganti E-KTP:

- GRATIS
- Kecuali :
-- Parkir motor : 1000 rupiah
-- Bensin, dll : opsional

Catatan Tambahan :
Ketika saya tanyakan pada petugas yang melayani saya, kapan E-KTP jadi? Jawabnya E-KTP akan dikirimkan via pos ke alamat masing-masing yang tertera pada E-KTP, tapi kapan? Entahlah.

3 Responses to "Pengalaman Memperpanjang Surat Keterangan Pengganti e-KTP"

  1. Thank you. Sebentar lagi saya mau mengurus surat keterangan pengganti ktp yg sdh kadaluwarsa. Semoga sama caranya. Gak disuruh ke RT RW lagi.

    ReplyDelete
  2. Thank you. Sebentar lagi saya mau mengurus surat keterangan pengganti ktp yg sdh kadaluwarsa. Semoga sama caranya. Gak disuruh ke RT RW lagi.

    ReplyDelete

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)