Mencicipi Mewahnya Elementary OS 0.4.0 Loki

desktop Elementary OS Loki

Elementary akhirnya merilis versi terbaru sistem operasinya pada tanggal 9 September 2016. Mengusung code name Loki, Elementary OS semakin memantapkan kiprahnya di dunia per-Linux-an. Masih dengan mengandalkan tampilan yang dimirip-miripkan dengan MAC OS-nya APPLE, Elementary OS Loki atau biar gampang selanjutnya kita sebut Loki saja, melakukan banyak perubahan pada versi yang terbaru ini.

Dikutip dari laman blog resminya Elementary OS berikut beberapa perubahan yang diterapkan pada Elementary OS  Loki ini:

Notification Elementary OS Loki
Notification Elementary OS Loki

Indikator baru
Indikator sistem pada Loki mengalami perubahan. Anda akan melihat indikator didesain ulang di seluruh papan, ditambah ikon dan perubahan teks menjadi gelap atau terang tergantung pada wallpaper Anda.



Audio indicator Elementary OS Loki
Audio indicator Elementary OS Loki

Audio
Indikator Audio fitur yang didesain ulang, dengan kontrol yang lebih kompak untuk aplikasi musik dan ikon yang lebih besar untuk volume output dengan tombol mute yang dibuat mudah di akses. Sekarang Anda juga dapat mengontrol volume mikrofon dari tempat yang sama ketika mikrofon sedang digunakan.


Network indicator Elementary OS Loki
Network indicator Elementary OS Loki

Jaringan
Akses cepat untuk mengaktifkan dan menonaktifkan jaringan kabel dan nirkabel dengan indikator Jaringan baru. Semua perangkat nirkabel Anda akan terlihat jelas.

Dan beberapa fitur lainnya yang bisa anda lihat di laman blog resminya Klik disini.

Image editing di Elementary OS Loki
Image editing di Elementary OS Loki

Sekarang kembali ke laptop. Baru saja saya mengunduh ISO Elementary OS Loki ini dan mencobanya di laptop saya. Semuanya berjalan lancar, dari booting sampai turn off saya tidak mengalami gejala crash atau apapun yang menggangu, mungkin karena pemakaian hanya sekilas saja (namanya juga icip-icip), itupun masih menggunakan live usb yang saya buat menggunakan Unetbootin.

Booting awal dari Loki masih sama dengan booting pada Elementary OS versi sebelumnya yang hanya menampilkan simbol E sederhana.

workspace di Elementary OS Loki
workspace di Elementary OS Loki

User interface juga saya rasa masih sama dengan versi sebelumnya, dan memang terdapat beberapa perubahan di beberapa tempat seperti indikator notifikasi, music, dan beberapa wallpaper fresh yang membuat tampilan desktopnya segar. Saya merasa kecepatan mengkonekan wifi menggunakan Loki ini juga sangat cepat.

Saya suka dengan kesan simplenya dari Elementary OS, dan di versi terbarunya ini beberapa perbaikan fitur menambah rasa nyaman user seperti saya ketika menggunakannya untuk bekerja sehari-hari.

Beberapa screenshot berikut semoga bisa membantu anda untuk melihat tampilan di versi terbaru dari Elementary OS tersebut.


0 Response to "Mencicipi Mewahnya Elementary OS 0.4.0 Loki"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)