Pengalaman Mengambil Plat Nomor Polisi di SAMSAT Kendal


Pengalaman ini kelanjutan dari Pengalaman Memperpanjang Pajak STNK 5 Tahunan di Samsat Kendal. Kejadiannya juga baru saja tadi siang terjadi, tepatnya tanggal 10 Desember 2015. Berselang 2 Bulan sejak saya mengurus perpanjangan pajak STNK motor saya. Bagaimana ribetnya mengurus pengambilan plat nomor kendaraan di SAMSAT Kendal? Begini yang saya rasakan tadi siang.
Berangkat pagi hari pukul setengah 9 dari rumah, saya dan paklik saya berboncengan menuju SAMSAT Kendal yang jaraknya lumayan jauh dari rumah saya di Boja. Perjalanan memakan waktu hampir 1 jam.

Sampai di SAMSAT, motor langsung saya parkirkan di parkiran. Karena masih bingung lokasi tempat pengambilan plat nomornya, saya bertanya ke penjaga parkiran. Dan ternyata lokasi pengambilan plat nomor ada di depan mushola SAMSAT Kendal tersebut.

Kalau kelamaan nunggu bisa jajan dulu

Disekitar tempat pengambilan tersebut sudah banyak orang-orang yang mengantri menunggu giliran dipanggil oleh petugasnya. Ada yang sambil mainan hape, sambil ngobrol, sambil makan dan minum ada juga yang sambil menjemur plat nomornya, mungkin plat nomor yang didapat masih masih basah catnya.

Untuk mengambil plat nomor saya harus menunjukan bukti pembayaran pajak STNK saya yang 2 bulan lalu saya urus. Selanjutnya saya disuruh menunggu sama seperti orang-orang yang lain. 

Menunggu di samping mushola SAMSAT Kendal, terlihat petugas mengecat plat nopol

Sambil menunggu saya melihat proses pembuatan plat nomor di SAMSAT tersebut. Proses pembuatanya juga ternyata tidak lama untuk 1 plat nomor hanya memakan waktu kurang dari 5 menit. Plat di cetak sesuai dengan yang tertera di STNK, lalu dicat dengan alat yang berputar sehingga cat hanya mengenai nomor yang timbul oleh cetakan sebelumnya. Mungkin ini juga yang mempengaruhi hasil pengecatan, jika catnya terlalu encer bisa luber kebagian yang lain.

Setelah menunggu sekitar 15 menit akhirnya nama saya dipanggil. Kemudian oleh petugas plat nomor polisi dan STNK diserahkan pada saya. Setelah itu urusan selesai. Pulang.

Ternyata mengambil plat nomor polisi di SAMSAT Kendal tidak seribet yang saya bayangkan. Gampang, tapi kalau materialnya kehabisan bisa memakan waktu 2 bulanan sejak mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan.

0 Response to "Pengalaman Mengambil Plat Nomor Polisi di SAMSAT Kendal"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)