Asiknya Convert Banyak File RAW ke JPEG di Linux


Hari ini saya mendapat file gambar dari klien, tidak seperti biasanya file yang saya dapat kali ini berformat RAW. Seperti dugaan saya, file RAW tersebut tidak bisa dibuka begitu file-file berpindah dari flashdisk klien ke laptop windows saya. Berhubung koneksi internet masih tersambung sayapun mencari aplikasi untuk membuka file gambar tersebut.

Aplikasi untuk membuka file RAW memang akhirnya ketemu tapi kendalanya file gambar RAW tersebut berukuran sangat besar, bahkan untuk membuka file gambar tersebut memerlukan waktu loading yang lumayan lama.

Saya memang mencari aplikasi gratis alias freeware untuk membuka gambar tersebut, jadi mungkin memang fitur yang saya dapat dari aplikasi yang saya dapat tersebut tidak memuaskan dan tidak sesuai dengan harapan saya. Apalagi kali ini saya memerlukan aplikasi yang bisa digunakan untuk meng-convert file RAW menjadi file JPEG, alasannya tentu karena file RAW berukuran sangat besar dan tidak cocok (bagi saya) untuk diupload ke website klien.

Kebanyakan aplikasi bagus di windows (yang saya temukan di google) untuk membuka plus meng-convert file RAW tidak gratis, kalaupun ada yang gratis itu memang freeware (dengan fitur apa adanya) atau shareware atau juga hasil crack-crackan alias bajakan. Ditambah lagi filenya berukuran sangat besar dan tentu memakan waktu untuk mendownloadnya (kebetulan sedang dapet koneksi di tempat klien).

Karena tidak mungkin saya convert di tempat klien saat itu juga, akhirnya saya lakukan converting di rumah.

RAWStudio di linux elementary


Sesampainya dirumah, saya buka laptop linux saya, kemudian instal aplikasi RAWStudio. Saya pilih aplikasi ini karena ukurannya kecil dan handal untuk meng-convert gambar RAW ke JPEG dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Untuk menginstalnya juga gampang tinggal ketik diterminal:

$sudo apt-get install rawstudio

Atau cari di software center:

RAWStudio di software center

Kalau sudah buka aplikasi RAWStudio tersebut, kemudian pilih folder tempat dimana file RAW berada

Pilih folder

Lihat panel sebelah kanan, pilih tab Batch dan pilih folder Output tempat gambar hasil convertan akan di simpan

Panel kanan RAWStudio
Pilih menu Batch dan pilih Add to batch queue


Menu batch RAWStudio
Tekan tombol Start pada panel kanan

Tombol start
Selesai, file hasil convertan bisa dilihat pada folder yang sudah ditentukan tadi. Gampang kan. Asik lho, silahkan dicoba sendiri.

0 Response to "Asiknya Convert Banyak File RAW ke JPEG di Linux"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)