Hati-Hati Menjalankan Script Asing di Terminal

dataku ilang kabeh!

Baru saja saya kehilangan sebagian kecil besar file-file penting saya gara-gara menjalankan script yang saya download dari internet. Dongkol? Pasti, karena sebagian file yang hilang tersebut belum sempat saya backup. Beruntungnya saya, script tersebut belum sempat saya jalankan menggunakan sudo, kalau saja itu terjadi, wassalam! Semua file termasuk file sistem dan semua file di hdd external bakal raib tanpa sisa.

Alhamdulillah, mungkin itu yang bisa saya ucapkan sekarang. Saya anggap ini sebagai pelajaran untuk lebih berhati-hati lagi menjalankan script yang belum saya ketahui isi kodenya. Tahu sendirikan bagaimana fatalnya jika script berisi rm -rf /*  di jalankan (don't try this shit at home your laptop).

Seperti yang saya sebutkan di awal tadi, meskipun saya jalankan tanpa menggunakan sudo tapi akhirnya file-file di folder home saya banyak yang hilang, paling banyak di folder Downloads sih, apalagi file-file download tsb belum sempat saya backup dan akhirnya hilang tanpa sisa.

Dan apa yang terjadi selanjutnya? setelah saya restart, aplikasi Netbeans yang biasa saya gunakan untuk ngoding, dan Netbeansnya sudah saya konfig sedemikian rupa biar enak buat ngoding malah ikutan hilang. Dan ternyata saya baru ingat kalau Netbeansnya saya instal di dalam folder Downloads, LOL. Telegram yang saya gunakan juga hilang gara-gara masih nongkrong di folder Downloads.

Berikut ini daftar kerugian akibat script tersebut:
1. File dan folder di folder Downloads hilang tanpa sisa
2. Font lokal hilang semua
3. Tema lokal hilang semua
4. Icon lokal hilang semua
5. Waktu yang hilang karena harus download ulang dan konfig ulang lagi aplikasi yang dibutuhkan
6. Data browser hilang
7. Mbuh!

0 Response to "Hati-Hati Menjalankan Script Asing di Terminal"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)