Membatasi Akses Folder Assets atau Public Folder di Halaman Website

folder assets di halaman website

Seringkali ketika selesai ngoding ada saja folder yang seharusnya tidak boleh dilihat secara langsung oleh publik tapi tetap masih bisa diakses atau dilihat, sebut saja misalnya folder assets yang seringnya digunakan untuk menampung file css atau js bahkan tidak jarang berisi file-file gambar juga.

Jika hanya terdiri dari 1 folder saja mungkin dengan menambahkan file index.html saja di folder tersebut sudah cukup membantu. Tapi bayangkan jika terdapat beberapa sub folder yang jumlahnya banyak pasti hal ini lumayan bikin kesel kalau harus bikin file index.html satu persatu.

Mau tidak mau saya harus mencari cara agar bisa melakukan pembatasan tanpa harus membuat file index.html satu persatu. Copy paste? Mungkin saja, tapi sama gak enaknya juga.

Akhirnya saya memanfaatkan file .htaccess untuk mengatasi hal tersebut.

Cara Menyembunyikan atau Membatasi Folder Assets:

Caranya, cukup buat 1 file .htaccess dan simpan di folder assets atau sembarang folder yang ingin dibatasi maka sub folder yang lain didalam folder assets tersebut akan ikut serta dibatasi.

Isi dari file .htaccess seperti ini:
Options -Indexes

Seperti ini contoh gambarnya:

.htaccess pada folder assets
.htaccess pada folder assets
Dengan cara tersebut akhirnya folder tersebut sudah tidak bisa diakses secara publik. Jika ada yang mencoba mengakses folder tersebut maka yang muncul adalah peringatan: 
Directory access is forbidden.
Selesai.

Di bawah kipas angin yang berputar
Dinar Elok, 18 Maret 2018
Semarang

0 Response to "Membatasi Akses Folder Assets atau Public Folder di Halaman Website"

Posting Komentar