[SOLVED] Mengubah Nama File Mengandung Titik Dua / Colon (:) Agar Bisa dibaca di Windows

 file mengandung titik dua atau colon

How to rename all colon file name. Mengubah nama file titik dua menjadi strip. Tutorial kali ini saya akan membahas cara mengganti semua nama file yang mengandung titik dua (:) menjadi tanda strip (-). Mengapa harus diganti? Saya menemui kendala tersebut ketika melakukan migrasi dari Linux ke Windows.

Kebetulan beberapa file yang saya miliki memiliki nama yang mengandung titik dua. File ini biasanya terbentuk dari hasil screenshot di Linux. Masalahnya, Windows tidak bisa membaca file yang namanya mengandung titik dua karena titik dua adalah karakter yang haram dipakai sebagai nama file di Windows.

Mau tidak mau akhirnya harus melakukan penggantian nama atau renaming pada file yang mengandung karakter titik dua tersebut. Cara termudah untuk melakukan penggantian nama yaitu melalui Linux Ubuntu. Karena laptop sudah terlanjur terinstal Windows akhirnya saya menggunakan Ubuntu live cd/Ubuntu live usb.

Sedangkan untuk melakukan penggantian nama saya menggunakan aplikasi "Terminal" di Ubuntu. Dan perintahnya sebagai berikut (diketikkan di Terminal).

Rename file di satu folder :
rename 's|:|-|g' *

Rename file di satu folder
Rename file di satu folder



Rename file di satu folder berserta sub foldernya :
find . -name "*:*" -exec rename 's|:|-|g' {} \;

Rename file di satu folder berserta sub foldernya
Rename file di satu folder berserta sub foldernya


Akhirnya, semua nama file yang mengandung titik dua berubah menjadi strip. Sehingga laptop saya yang menggunakan Windows 7 ini bisa membacanya kembali. Alhamdulillah.

semua file mengandung titik dua berubah menjadi strip
semua file mengandung titik dua berubah menjadi strip

0 Response to "[SOLVED] Mengubah Nama File Mengandung Titik Dua / Colon (:) Agar Bisa dibaca di Windows"

Posting Komentar