Tips Belanja Online di Tokopedia dan Bukalapak ala @aviantorichad

tokopedia dan bukalapak

Kali ini saya ingin berbagi tips berbelanja online di Tokopedia dan Bukalapak. Tips ini mungkin juga bisa diterapkan di toko online yang lainnya. Postingan ini saya buat karena saking seringnya saya ditanyai teman dan saudara mengapa saya bisa dengan gampang percaya dengan penjual online.

Tips ini mungkin tidak 100% akurat tapi dari pengalaman saya tips ini bisa menghindarkan saya dari penipuan dan bisa mendapatkan harga yang worth it.

Tips berbelanja online di Tokopedia dan Bukalapak:

1. Urutkan harga dari terendah
Untuk mendapatkan harga yang miring/murah, ketika kita membuka website Tokopedia atau Bukalapak kita akan menemukan menu "Urutkan". Menu itu adalah untuk mengurutkan produk dari harga termurah sampai dengan harga termahal atau seba aliknya. Pastikan urutkan dari harga terendah sampai dengan harga termahal agar produk yang tampil terlebih dahulu adalah yang termurah.

2. Waspadai harga tidak wajar
Murah saja tidak cukup untuk kita memilih suatu produk yang akan kita beli, perlu diwaspadai jika terdapat produk yang sekiranya harga tersebut terlalu murah dari harga pasaran yang lain.

3. Perhatikan deskripsi produk
Selalu baca deskripsi produk dengan teliti, terlebih jika produk yang sedang kita lirik adalah produk bekas. Tidak jarang penjual menuliskan deskripsi dengan jelas termasuk minus-minus yang ada pada produk tersebut tetapi adapula penjual yang menuliskan deskripsi dengan bahasa yang susah dimengerti dan minus-minusnya tidak ikut dituliskan.

4. Manfaatkan fasilitas diskusi
Di website Tokopedia dan Bukalapak terdapat fasilitas Diskusi atau Pesan. Manfaatkan fitur tersebut untuk menanyakan lebih lanjut tentang minus-minus yang tidak disebutkan pada kolom diskusi. Bisa juga untuk menanyakan yang lainnya tentang produk tersebut.

5. Lihat ulasan produk yang kita inginkan
Biasanya jika saya ingin saya sudah tertarik dengan suatu produk saya akan melihat ulasan dari pembeli yang sudah membeli produk tersebut. Meski tidak jarang produk yang bakal diterima tidak sama kondisinya satu sama lain tapi paling tidak bisa dijadikan referensi apakah pelayanan dan produk tersebut worth it untuk dibeli.

6. Lihat Poin penjual
Setiap toko yang terdapat di Tokopedia dan Bukalapak biasanya sudah terdapat poin untuk penjual. Poin tersebut bisa kita jadikan rujukan apakah toko tersebut baik atau tidak. Semakin bagus poinnya maka saya akan lebih yakin untuk belanja di toko tersebut.

7. Cari promo voucher
Tidak jarang di Tokopedia dan Bukalapak terdapat promo voucher yang bisa kita gunakan untuk transaksi. Biasanya voucher hanya bisa digunakan jika kita menggunakan aplikasi mobile mereka untuk bertransaksi

8. Diskon dan Free Ongkir yang menggiurkan
Bisa jadi harga sudah kita setel paling rendah tetapi ternyata terdapat harga yang agak mahalan tetapi terdapat diskon dan gratis biaya kirim yang bisa jadi lebih menggiurkan

9. Jika ada yang ingin menambahkan silakan kirimkan di komentar di bawah :)

Yang pasti ketika berbelanja online kita sebagai pembeli harus jeli untuk memilih produk dan toko yang akan kita beli.

Tidak ada sistem yang sempurna. terkadang karena kesalahan analisa dan keburu nafsu melihat harga produk yang murah membuat kita bisa tertipu. Seperti yang saya alami ketika tertipu berbelanja online di Bukalapak waktu itu.

Sekian tips belanja online ala @aviantorichad. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Belanja Online di Tokopedia dan Bukalapak ala @aviantorichad"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)