Cara Install Line For PC di Linux Tanpa Menggunakan Wine


Kali ini saya berbagi pengalaman menginstal aplikasi Line di PC bersistem operasi Linux tanpa menggunakan Wine. Seperti kita tahu, aplikasi Line mempunyai versi yang bisa diinstal di PC. Dan menilik dari laman resmi line di line.me, aplikasi Line for PC hanya bisa diinstal di PC dengan sistem operasi Windows atau OSX.


Lalu bagaimana caranya saya yang memakai Linux bisa menikmati layanan Line for PC ini?

Tenang saja, di Linux terdapat aplikasi yang bernama Wine. Dengan menggunakan Wine, kita bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Windows (.exe) di Linux. Meski tidak semua aplikasi Windows bisa dijalankan dengan baik menggunakan Wine ini, tetapi program atau aplikasi semacam Microsoft Office 2007 masih bisa berjalan lancar di Linux saya. Kebetulan saya menggunakan Linux Ubuntu 14.04 LTS 64 Bit. Jadi dengan menggunakan Wine ini kita bisa mendownload aplikasi Line for PC yang khusus sistem operasi Windows kemudian menginstalnya di Linux menggunakan Wine ini.

Tapi tunggu dulu, kalau semisal kamu malas untuk menggunakan Wine. Saya menggunakan alternatif yang satu ini untuk menginstal Line di sistem operasi Linux yang saya pakai.

Ini dia caranya menginstal Line di Linux tanpa menggunakan Wine Emulator :

Syaratnya adalah menggunakan browser Chromium atau Google Chrome. Dengan menggunakan browser tersebut saya bisa mendownload Line for PC versi khusus Chrome dari laman resminya di line.me/en-US/download. Ingat, laman download saya adalah laman download berbahasa Inggris (regional US : en-US), kalau saya mengakses laman download berbahasa Indonesia, line.me/id/download (regional id : id),  saya tidak menemukan Line for PC khusus Chrome di laman download tersebut.

Line for PC versi chrome bisa di download melalui link di bawah ini :

laman download line versi US
laman download line versi US


laman download line versi ID
laman download line versi ID


Sebenarnya yang saya download adalah semacam extension untuk browser Chrome (Chromium atau Google Chrome). Jadi setelah downloadan selesai, kita cukup menginstalnya (Add to Chrome). Setelah terinstal pada start menu utama aplikasi Line akan masuk ke menu Chrome Apps.


instalasi line di linux tanpa wine
instalasi line di linux tanpa wine



klik Add app untuk konfirmasi penginstalan Line di Linux tanpa pc
klik Add app untuk konfirmasi penginstalan Line di Linux tanpa pc



app line di menu utama ubuntu 14.04 xfce de
app line di menu utama ubuntu 14.04 xfce de


Nah, langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi Line yang sudah terinstal tersebut dan login seperti biasa kita menggunakan Line di smartphone.

Line for PC di Linux sudah siap digunakan tanpa menggunakan Wine
Line for PC di Linux sudah siap digunakan tanpa menggunakan Wine
Selesai. Gampang bukan :)

0 Response to "Cara Install Line For PC di Linux Tanpa Menggunakan Wine"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)