Backdoor Berbahaya Ditemukan di Android Dengan Prosesor Mediatek



Sebuah backdoor berbahaya telah ditemukan dalam prosesor MediaTek yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hacking perangkat Android dari jarak jauh.

MediaTek adalah perusahaan hardware berbasis di Taiwan yang memproduksi chip perangkat keras dan prosesor yang digunakan di smartphone dan tablet.

Backdoor ini ditemukan oleh peneliti keamanan Justin Case, dan sudah diinformasikan kepada MediaTek tentang masalah keamanan melalui Twitter.

Kerentanan ini tampaknya karena alat debug yang dibuka oleh operator untuk menguji perangkat pada jaringan mereka, tapi sayangnya, itu dibiarkan terbuka di perangkat yang dikirim ke konsumen, sehingga meninggalkan backdoor serius terbuka untuk hacker.

Jika dieksploitasi, fitur men-debug dapat memungkinkan hacker untuk mengakses data pribadi dari perangkat Android, termasuk kontak pengguna pribadi, pesan, foto, video dan data pribadi lainnya.

MediaTek mengakui masalah ini dan mengatakan "Kami menyadari masalah ini, dan telah ditinjau oleh tim keamanan MediaTek. Hal ini terutama ditemukan di perangkat yang menjalankan Android 4.4 KitKat, karena fitur men-debug dibuat untuk pengujian telekomunikasi antar-operabilitas di Cina. "

Masalah ini sebenarnya berada di prosesor MT6582 MediaTek, yang dikhawatirkan sedang digunakan dalam banyak profil tinggi perangkat Android.

Jadi, jika smartphone Anda menggunakan prosesor ini, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan untuk saat ini adalah menjauhkan perangkat Android Anda dari Internet dalam upaya untuk melindungi diri.

Perusahaan juga mengatakan bahwa mereka telah diberitahu semua OEM tentang potensi celah ini. Dan diharapkan, OEM yang terkena segera mengeluarkan patch keamanan untuk menutup backdoor tersebut.

"Meskipun masalah ini mempengaruhi produsen tertentu, hal ini juga hanya mempengaruhi sebagian perangkat bagi produsen. Kami telah mengambil langkah-langkah untuk mengingatkan semua produsen dan mengingatkan mereka tentang fitur penting ini," pernyatan resmi dari juru bicara MediaTek.

ref:
http://thehackernews.com/2016/02/mediatek-hacking-mobile.html

0 Response to "Backdoor Berbahaya Ditemukan di Android Dengan Prosesor Mediatek"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)