Setting Waktu ( Jam dan Tanggal ) Otomatis di Mikrotik


Mengatur waktu di mikrotik agar selalu uptodate sangat penting dilakukan, apalagi jika listrik yang tersedia tidak stabil dan sering menyebabkan mikrotik, baik berupa RB atau PC, menjadi mati. Saya menggunakan RB 941-2nD hAP Lite. Kebetulan listrik ditempat saya memang tidak stabil, meskipun saya sudah menggunakan stabilizer untuk menstabilkan listrik yang masuk ke RB. Tetap saja RB tersebut mati karena tidak mendapatkan pasokan power listrik yang stabil, kejadian ini paling sering saya alami ketika malam hari, ditambah pada malam hari user sedang banyak yang online.

Ketika RB mati, maka waktu (jam dan tanggal) di RB akan reset kembali seperti semula. Hal ini tentu sangat tidak merepotkan jika RB mati dalam waktu yang lumayan lama kemudian ketika dinyalakan saya perlu mengatur waktunya kembali agar cocok dengan waktu yang sekarang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut saya menggunakan fitur SNTP Client yang ada di RB saya tersebut agar waktu di RB selalu uptodate. SNTP sendiri kepanjangannya adalah Simple Network Time Protocol. Fitur SNTP Client ini memungkinkan RB untuk melakukan sinkronasi waktu dengan perangkat lain pada jaringan (NTP Server).

Setting SNTP Client

Untuk menggunakannya, begini step by stepnya (pastikan RB tersambung dengan Internet):
  1. Buka dan login via winbox
  2. Masuk ke menu System
  3. Pilih SNTP Client
  4. Tandai cek atau centang pada cekbox Enable
  5. Isi Primary NTP Server dengan : id.pool.ntp.org
  6. Isi Secondary NTP Server dengan : ntp.nasa.gov
  7. Tekan tombol Apply
  8. Otomatis kolom Mode yang tadinya terisi Broadcast akan berubah dengan Unicast
  9. Tekan OK untuk selesai mengatur SNTP Client
  10. Buka menu System -> Clock
  11. Centang Time Zone Autodetect
  12. Tekan OK untuk selesai mengatur Clock
Buka kembali menu SNTP Client tersebut untuk melihat perubahan yang terjadi, tunggu beberapa saat hingga kolom Last Update terisi, dan lihat waktu / clock di RB tersinkronasi dengan baik. Jika tidak ganti dengan NTP Server yang lain (cari google).

SNTP Client berhasil tersinkronasi

0 Response to "Setting Waktu ( Jam dan Tanggal ) Otomatis di Mikrotik"

Posting Komentar