Menjajal Linux Lakka, Sistem Operasi Yang Mengubah Komputer Jadul Jadi Konsol Game Keren


Kali ini saya membahas tentang Linux Lakka. Apa itu Linux Lakka dan pengalaman saya menggunakan Linux Lakka. Mau bikin laptop atau komputer kamu jadi konsol game layaknya PS ( Play Station ) atau Nintendo? Pakai saja Linux Lakka, salah distro linux yang menarik untuk dicoba. Uji coba saya menggunakan Linux Lakka berjalan dengan lancar di Laptop Jadul Dell Latitude D530. Spek laptop yang saya pakai adalah CPU 2.0 GHz, RAM 1 GB, dan Lakka berjalan di bootable flashdisk A-Data 4 GB. USB Joystick yang saya punya bisa langsung plug 'n play dan bisa digunakan tanpa konfigurasi tambahan.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menggunakan Linux Lakka ini adalah mendownload imagenya terlebih dahulu dari laman resminya di http://lakka.tv/get/. Pilih sistem operasi yang digunakan saat ini, pilihan ini untuk menentukan dengan sistem operasi bootable Linux Lakka akan dibuat.

Usb Flashdisk yang saya gunakan untuk bootable Linux Lakka
Usb Flashdisk yang saya gunakan untuk bootable Linux Lakka

Setelah usb bootable jadi, tinggal colokin usb tersebut ke komputer atau laptop yang support booting dari usb.

Pilih booting Usb untuk menjalan Linux Lakka
Pilih booting Usb untuk menjalan Linux Lakka

Jangan lupa untuk setting bios agar booting dengan usb. Atau bisa juga dengan menekan tombol F12 pada keyboard ketika komputer atau laptop booting untuk menampilkan pilihan bootin (tombol bisa berbeda menyesuaikan sesuai tipe bios).

2 pilihan booting pada Linux Lakka
2 pilihan booting pada Linux Lakka

Booting Linux Lakka akan menampilkan 2 pilihan yaitu Run Installer dan Run Live. Run Installer kalau kita mau menginstal Linux Lakka ini di hard disk sedangkan Run Live untuk menjalankan Linux Lakka tanpa di instal ke hard disk.

Pada percobaan kali ini saya memilih Run Live.

Booting Linux Lakka ini bagi saya terbilang cepat. Tampilan user interface Linux Lakka ini didominasi warna merah. Dengan pilihan menu yang mudah di navigasi dengan menggunakan keyboard, untuk penggunaan mouse bisa dilakukan dengan mengatur konfigurasinya terlebih dahulu alias secara default penggunaan mouse tidak diaktifkan. 

Tombol navigasi standar yang bisa digunakan untuk di Linux Lakka adalah :
- Bergerak ke atas : Tombol Up
- Bergerak ke bawah : Tombol Down
- OK : Tombol x
- Kembali : Tombol z

Tampilan salah satu game di Linux Lakka
Tampilan salah satu game di Linux Lakka

Navigasi pada saat bermain game :
- Bergerak ke atas : Tombol Up
- Bergerak ke bawah : Tombol Down
- OK : Tombol Enter
- New Game: Tombol Shift


Tampilan user interface Linux Lakka di Dell Latitude D530
Tampilan user interface Linux Lakka di Dell Latitude D530

Pada saat saya memasukkan usb joystick, Linux Lakka ini bisa mengenali dengan baik dan usb joystick bisa saya gunakan untuk bernavigasi dengan baik layaknya saya sedang bermain PS.

USB Joystick yang berjalan plug 'n play di Linux Lakka

Folder-folder pada hard disk bersistem operasi windows yang saya miliki juga bisa dibaca oleh Linux Lakka ini. Sehingga jika kita ingin menambahkan game bisa langsung menyimpannya di hard disk terlebih baru booting Run Live dengan menggunakan Linux Lakka ini.

Satu yang menjadi kendala adalah game-game bawaannya hanya beberapa yang bisa dipakai, sehingga saya perlu untuk menambahkan sendiri game yang akan saya mainkan. Satu lagi adalah Linux Lakka belum support koneksi wifi, sehingga untuk berkomunikasi ke Internet diperlukan kabel LAN atau dengan kata lain menggunakan port ethernet untuk saling berhubungan.

Tampilan salah satu game / emulator yang berjalan di Linux Lakka

0 Response to "Menjajal Linux Lakka, Sistem Operasi Yang Mengubah Komputer Jadul Jadi Konsol Game Keren"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)