Mengenal Sosok HIDETSUGU YAGI, PENEMU Antena Yagi, Google Doodle Hari Ini



Ada yang menarik dengan tampilan google doodle hari ini. Tampak dua orang sedang bermain-main dengan antena di atap rumah. Tapi tahukah kamu apa maksud google doodle hari ini? Ternyata google sedang memperingati hari ulang tahun ke-130 Hidetsugu Yagi. Siapakah dia? Beliau adalah penemu antena yagi. Silahkan simak ulasannya dibawah ini untuk mengenal sosok Hidesubs Hidetsugu Yagi atau Yagi Hidetsugu lebih dalam.

Profil Singkat Hidetsugu Yagi


Hidetsugu Yagi (八木秀 Yagi Hidetsugu, 28 Januari 1886 - 19 Januari 1976) adalah seorang insinyur listrik dari Osaka, Jepang. Ketika bekerja di Universitas Tohoku, dia menulis beberapa artikel yang memperkenalkan desain antena baru dengan rekannya Shintaro Uda ke dunia berbahasa Inggris.

Foto Hidetsugu Yagi

Hasil temuannya yaitu Antena Yagi, dipatenkan pada tahun 1926, memungkinkan komunikasi terarah menggunakan gelombang elektromagnetik, dan sekarang diinstal pada jutaan rumah di seluruh dunia untuk penerimaan radio dan televisi. Ia juga mencoba untuk memperkenalkan sistem transmisi daya nirkabel tetapi tidak berhasil. Dia berpartisipasi dalam membangun Chiba Institute of Technology.

Dia adalah presiden keempat Universitas Osaka dari Februari 1946 sampai Desember 1946.

Pada tahun 1942, ia menjadi Direktur Fakultas Ilmu Industri Universitas Tokyo, pada tahun 1944 ia menjadi Direktur Jenderal Institut Teknologi, dan di tahun 1946 juga Direktur Jenderal Osaka Imperial University. Ia dihiasi dengan Medal of Honor dengan Blue Ribbon Award pada tahun 1951, dengan Orde Kebudayaan pada tahun 1956, dan secara anumerta dengan Grand Cordon Orde Matahari Terbit tahun 1976.


Biografi Hidetsugu Yagi

Hidetsugu Yagi lahir pada tanggal 28 Januari tahun 1886 di Prefektur Osaka. Setelah lulus dari jurusan Teknik Elektro di Universitas Kekaisaran Tokyo, Fakultas Ilmu, pada tahun 1909, ia belajar dari 1913 di Inggris, Amerika, dan Jerman, dan di Jerman ia melanjutkan penelitian generasi gelombang listrik yang digunakan untuk komunikasi nirkabel. Ia kembali ke Jepang pada tahun 1930.

Antena Yagi

rujukan:
https://en.wikipedia.org/wiki/Hidetsugu_Yagi

0 Response to "Mengenal Sosok HIDETSUGU YAGI, PENEMU Antena Yagi, Google Doodle Hari Ini"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)