Mengembalikan Jam Online (Limit Uptime) User Hotspot Setelah Mikrotik Mati Mendadak


Apa yang terjadi ketika Mikrotik reboot secara tiba-tiba dan ketika itu banyak user yang sedang online? Pasti ribet! Jadi ceritanya sore tadi di tempat saya turun hujan dan petir menyambar-nyambar, waktu itu saya tidak tahu kalau hujan karena sedang asik tidur. Seperti kebiasan disini kalau hujan datang pasti mati lampu alias mati listrik PLN. Ketika saya terbangun, mak dheg! Ingetlah saya dengan Router Board  (RB) Mikrotik yang belum sempet saya matikan. Padahal tadi sebelum tidur saya pantau masih ada user yang sedang online. Lumayan sih, meski sedikit tapi user tersebut sudah online lumayan lama, malah jam onlinenya sudah hampir habis.


Seperti yang saya bilang pada artikel sebelumnya. Ketika mikrotik mati secara tidak normal, maka "jam online" (quota jam) user yang sedang online pada saat itu akan ter-Reset kembali ke jam sebelum user tersebut online alias jam onlinenya tidak terpotong sama sekali. Hal ini merugikan bagi saya karena jika seorang user sudah online selama 1 jam 59 menit, dan batas jam onlinenya adalah 2 jam, lalu ketika kurang 1 menit user tersebut akan habis ternyata tiba-tiba listrik mati dan menyebabkan mikrotik mati secara tidak normal maka jam user tersebut kan kembali menjadi 2 jam, kan ngeselin!

Tapi untungnya hari ini uji coba aplikasi kecil-kecilan berhasil mengurangi kekesalan saya. Jika biasanya ketika listik nyala kembali dan mikrotik hidup maka kesibukan saya adalah menyinkronkan jam user dengan log pada mikrotik, dan saya dengan susah payah mengeset waktu user-user yang sedang online sebelum listrik padam ke jam yang seharusnya.

Aplikasi berbasis web yang saya buat kali ini benar-benar menolong saya untuk mengambalikan atau memulihkan jam online user yang ter-Reset kembali tersebut. Tampilan aplikasinya seperti dibawah ini:

Aplikasi ADMIN RTPAPAT.NET alpha 2 memulihkan jam online user

Dengan menggunakan API pada mikrotik, saya membuat aplikasi ini untuk membantu saya memulihkan jam online pada user-user yang jam onlinenya ter-Reset secara otomatis karena RB mikrotik mati secara tiba-tiba.

Sedikit penjelasan pada gambar:

*Listik mati sekitar pukul 16:45an, dan baru hidup kembali sekitar pukul 18:45an. Tetapi karena kondisi cuaca masih hujan disertai petir, RB baru saya hidupkan sekitar pukul 19:20an. Aplikasi  ini berhasil memulihkam jam-jam online user kewaktu 05/01/2016 16:42:27 dimana itu adalah waktu terakhir aplikasi ini melakukan sinkronasi waktu dengan RB mikrotik. Sinkronasi aplikasi ini setiap 5 menit sekali, jadi kalaupun waktu yang dipulihkan tidak sesuai persis dengan jam yang seharusnya sudah dipakai, rugi pemakaian waktunya paling hanya sekitar 5 menitan, jadi tidak banyak-banyak amat.
  • Tampilan aplikasi saya bagi menjadi 2, kiri dan kanan.
  • Pada bagian kiri, terdapat dropdown menu pilihan waktu. Jika pilihan waktu tersebut di pilih maka kolom bagian kanan akan menampilkan daftar user yang sedang online pada waktu tersebut.


Pilihan waktu
User yang sedang online pada waktu tersebut

  • Pada urutan atas sendiri adalah jam terakhir yang berhasil di sinkronasi oleh aplikasi tersebut, sehingga saya bisa memulihkan atau mengembalikan jam-jam user yang ter-Reset kembali ke jam yang semestinya (batas limit dikurangi aktif) = (limit uptime - uptime).
  • Dengan menekan tombol PROSES maka jam user-user tersebut akan kembali sesuai dengan seharusnya. (lihat kolom hijau pada gambar, BATAS-AKTIF)

0 Response to "Mengembalikan Jam Online (Limit Uptime) User Hotspot Setelah Mikrotik Mati Mendadak"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)