Cara Mengembalikan blogspot.co.id Menjadi blogspot.com


Beberapa hari ini saya dikejutkan dengan berubahnya alamat blog @aviantorichad yang semula beralamatkan di aviantorichad.blogspot.com menjadi aviantorichad.blogspot.co.id. Sepertinya sepele, tapi bagi saya hal ini tentu membuat promosi blog jadi tidak menarik lagi dong, karena biasanya saya mempromosikan alamat blog ini dengan singkatan ABC yang jika dijabarkan menjadi Aviantorichad.Blogspot.Com, gampang diinget kan? Eh tiba-tiba sekarang ada tambahan .id dibelakangnya, kan asik kalau ditambahin jadi ABCi, kurang keren kan.

Adanya penggantian .com menjadi .co.id ini sebenarnya bukan hal yang baru, cuman untuk para blogger di Indonesia hal ini termasuk baru karena memang penggantian dari .com menjadi .co.id ini masih baru-baru ini diterapkan di Indonesia.

Tentu ada alasan mengapa .com perlu dipertahankan dan dihindarkan dari penggantian alamatnya mengikuti .co.id. Karena ternyata dengan adanya penggantian ini bisa menimbulkan beberapa hal yang membuat blogger merinding galau, diantaranya:
  1. Karena alamatnya beda, maka like di facebook, google plus, twit di twitter dan sebagainya bisa jadi statistiknya berkurang, sayang kan kalau begitu.
  2. Karena alamatnya beda, maka beberapa aplikasi statistik diluar platform blogger jadi beda juga membaca alamatnya, karena alamat yang kita daftarkan untuk pembacaan statistik tentunya alamat yang .com bukan?
  3. Karena alamatnya beda, maka pengunjung yang sudah atau pernah berkunjung ke blog kita dan membookmark dengan alamat yang .com pastinya bisa jadi bingung dengan perbedaan alamat, meski sebenarnya hal ini gak berpengaruh besar sih karena hal ini sepertinya hanya bersifat redirect,
  4. dan mungkin masih ada beberapa alasan bagi masing-masing blogger untuk tetap mempertahan alamat .com-nya dan sayang jika harus berganti menjadi .co.id.

Sekarang bagaimana caranya mengembalikan alamat blog kita dari .co.id menjadi .com kembali?


Begini caranya:

1. Buka dashboard blogger kamu.
2. Masuk ke menu Template (nama menunya sesuaikan dengan bahasa masing-masing ya, punya saya soalnya pakai bahasa inggris)
3. Sekarang copy pastekan script dibawah ini, dan tempatkan di bawah kode <head>

Ini kode/scriptnya:

<script type="text/javascript">
var blog = document.location.hostname;
var slug = document.location.pathname;
var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf("."));
if (ctld != ".com") {
var ncr = "http://" + blog.substr(0, blog.indexOf("."));
ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug;
window.location.replace(ncr); }
</script>
4. Simpan template dan pastikan perubahan berhasil tersimpan tanpa ada pesan kesalahan atau error.

penempatan scrip di bawah kode <head>

5. Sekarang buka alamat blogger kamu dan taraaaa! gak berubah jadi .co.id kan? mantap
6. Kalau masih berubah menjadi .co.id clear cache browser kamu dulu.
7. Masih belum bisa juga? diskusiin dengan saya di kotak komentar di bawah ya :)

ref: http://pradianto.info/cara-mengembalikan-blogspot-com-dari-redirect-country/

0 Response to "Cara Mengembalikan blogspot.co.id Menjadi blogspot.com"

Posting Komentar