Backup User Mikrotik Sekarang daripada Nyesek Kemudian!


Postingan malam kali ini ngomongin user mikrotik tepatnya user hotspot mikrotik. Saking nyeseknya biar kerasa sampe besok-besok saya sempatkan untuk dibuatkan postingan sendiri. Soalnya gini, sekitar jam 12 malem tadi dan saat lagi asik-asiknya nonton youtube sambil mantau user yang lagi online malem tetiba pleret-pleret listrik mati secara tak terduga. 


Nasib-nasib, alamat data user yang online di mikrotik ngereset nih! Pikir saya pertama kali mungkin listrik di rumah sudah kehabisan pulsa. Langsung aja nyoba keluar trus ngecek sisa pulsa listrik ternyata masih ada, mana udah terlanjur beli token lagi, hadehh. Dilihat sekali lagi ternyata switch mengarah pada posisi off. Berulang kali dicoba dinyalain gak mau-mau, hmm, setelah di kurangin listrik yang ditancepin baru mau nyala. 

Taraaa, wifi udah nyala lagi, halaman pada browser udah nunjukin halaman login hotspot mikrotik. Tapi wait, wait, wait, tunggu sebentar! berulang kali login pake user yang biasanya kok username sama passwordnya invalid terus! ada apa? kenapa? mengapa? cobaan macam apa lagi ini??? 

Oke tenang, saya coba masuk webfig via hp yang udah masuk list ip binding akhirnya bisa juga, dan apa yang terjadi? nyesek sodara! Semua user yang sudah terdaftar beserta limit uptime dan session timenya lenyap tak berbekas. Hiks. Selama ini padahal fine-fine saja lho kalaupun listrik mati mendadak. Dari ini saya bisa mengambil pelajaran. Gaes, backup data itu penting! sueer. Kalau udah kejadian kaya gini yang ada nyesek. Sakitnya tuh disini! (nunjuk mata [ngantuk -_-]). Malem-malem waktunya bobok sambil nonton youtube malah dapet gawean balikin data yang ilang, hah. 

Entah ini mungkin penyebabnya
Jadi dari pengalaman ini saya coba cari cara buat backup user, ya, user yang ada di menu IP > Hotspot, karena data yang paling penting ini hilang begitu saja dan bikin sakit ati, padahal udah sebajek datanya. Cara backupnya ternyata mudah: 

Cara export user hotspot mikrotik
  1. Buka mikrotik (baik lewat remot telnet, winbox, webfig atau langsung di mikrotiknya [pada PC])
  2. Jika memakai winbox atau webfig setelah masuk buka menu New Terminal
  3. Masukkan perintah : /ip hotspot user 
  4. Masukkan perintah : export file=userku 
  5. Coba cek di menu "File" maka akan bertambah file bernama userku.src, file inilah yang digunakan untuk merestore kembali jika sewaktu-waktu diperlukan
Halaman "file" pada mikrotik diakses via winbox

Terima kasih sudah mendengar keluh kesah saya. Semoga kamu-kamu-kamu dan ya kamu gak ngrasain nyeseknya tuh di sini (nunjuk tangan, pegel!). Byee.

2 Responses to "Backup User Mikrotik Sekarang daripada Nyesek Kemudian!"

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)