Sekilas Pandang Mikrotik RB941-2nD (hAP-Lite)

Sepulang dari Jakarta, saya mencoba peruntungan baru di desa. Berbekal modal yang saya dapatkan dari bekerja di Jakarta dan tambahan dari beberapa projekan bikin website akhirnya saya memberanikan diri membuka usaha RT/RW Net. Karena keterbatasan modal itulah akhirnya mau gak mau saya harus memutar otak untuk menghemat pengeluaran.

Beruntung pada saat saya lagi kepingin nyari mikrotik buat router, saya malah dapet info dari salah satu temen di fb yang pake Mikrotik RB941-2nD. Tipe mikrotik yang masih tergolong baru ini harganya murah meriah. Setelah tanya-tanya apakah bisa saya gunakan untuk keperluan RT/RW Net dan ternyata dapat dihandalkan. Akhirnya saya memesan mikrotik tersebut dari website mikrotik.co.id dan total mendapat harga 295rb termasuk ongkir.

Tiga hari penantian akhirnya mikrotik yang saya pesan datang. Tanpa basa basi langsung saja hari itu juga saya tenggelam dan asyik mengutak atik mikrotik tersebut.

Mikrotik yang terpasang di tempat saya (dokpri)

Mikrotiknya tersambung ke modem ini (dokpri)

Secara tampilan mikrotik ini tidak jauh berbeda dengan mikrotik yang sudah pernah saya utak atik saat saya bekerja sebagai TU bagian ICT di SMK 11 Semarang. Pada saat itu saya menggunakan mikrotik RB751U-2HND. 

Secara fisik RB941-2nD sedikit lebih mungil. Di mikrotik ini tidak terdapat port usb seperti pada RB751U-2HND. Jika di RB751U-2HND terdapat 5 port LAN, di RB941-2nD hanya tersedia 4 port LAN. Keduanya sudah terdapat built in "wireless" sehingga tanpa "wireless" tambahan laptop atau gadget ber-wifi sudah bisa konek ke mikrotik ini. Yang terlihat berbeda lagi adalah colokan listrik pada RB941-2nD menggunakan micro usb 5v, sehingga sumber listrik bisa menggunakan power bank.

Perbandingan fisik RB941-2nD vs RB751U-2HND
Perbandingan spesifikasi RB941-2nD vs RB751U-2HND

Meski RB941-2nD terlihat mungil dan beberapa port tampak lebih sedikit. Tapi secara kemampuan mikrotik ini dapat dihandalkan. Meski mungkin jangkauan built in antena wirelessnya tidak terlalu mantep menurut saya. Tapi secara kemampuan sebagai router untuk RT/RW Net mikrotik ini memuaskan.

Sebagai tambahan RB941-2nD hanya support Winbox 3.x dan tidak support PoE-in

*gambar awal dan ss : mikrotik.co.id

14 Responses to "Sekilas Pandang Mikrotik RB941-2nD (hAP-Lite)"

  1. Bisa handle brp client jika dipake bersamaan?

    ReplyDelete
  2. jaraknya bisa berapa meter ya pak untuk rt rw net

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak salah dengan wifi bawaanya sebagai ap bisa 10-20 meteran

      Delete
  3. Replies
    1. gak bisa om, makanya tak akalin pakai mikrostator ( http://www.aviantorichad.com/2016/05/cara-termudah-menginstal-billing-mikrostator-mikrotik.html )

      Delete
  4. Untuk warnet game online 10 client apa reccomended bang?
    Mengingat harganya yg murah daripada beli RB750 yg bisa 2x nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. game online 10 client sepertinya masih kuat, tapi kalau terlalu banyak setingan di mangle, RB ini ditempatku bikin cpu resourcenya tinggi

      Delete
  5. agan kan bikin rt/rw net nah untuk ap nya pake apa gan dan jangkauannya berapa jauh?? kalau pake ap indoor terus antenna nya di kasih omni di luar ruangan apakah bisa memperluas jarak jangkaunya nggak gan ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ap yang aku pakai tp-link wa5210g, kalau ap outdoor di kasih omni kayanya lumayan nambah jangkauan, dulu pernah coba kaya gitu bisa nambah jangkauan beberapa meter. Cmiiw

      Delete
    2. gan kalau kita pakai ap dari modem telkom indihome tapi antena kita modif / di kasih kabel panjang antena simpan di atas rumah apakah mempengaruhi jarak jangkauan? dan apakah tidak mempengaruhi kinerja modem tersebut... makasih gan

      Delete
    3. kalau gak salah bisa mempengaruhi daya yang di pancarin gan, karena semakin panjang kabel perantara semakin banyak hambatan yang terjadi. enaknya emang kalau mau dipancarin keluar pakai ap outdoor aja, selain bandel juga gak ribet modif ap indoor. CMIIW.

      Delete
  6. Master, mikrotik ini bisa setting bandwidt limiter /user ?
    Smpe brp user maksimal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, cuman saya kurang tahu maksimalnya berapa

      Delete

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)