Ini Dia Rahasia Usaha Cepet Berkembang




Kali ini saya mau ngomongin tentang usaha. Fokus yang akan saya angkat di postingan ini juga berhubungan dengan yang namanya Industri Kreatif. Tidak sedikit sekarang ini orang-orang Indonesia booming yang namanya jual beli online. Entah itu jual beli barang atau jual beli jasa. Entah itu barang produksi sendiri atau jadi distributor untuk barang produksi orang lain. Dan bukan tidak mungkin para pelaku usaha jual beli online tersebut juga termasuk pelaku Industri Kreatif.


***

Tapi tunggu dulu, apa itu Industri Kreatif? Menurut wikipedia, Industri Kreatif adalah kumpulan aktifitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi.

Masih saya kutip dari wikipedia, Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri Kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Di Indonesia,oleh Departemen Perdagangan Republik Indonesia, Industri Kreatif dipetakan menjadi beberapa sub-sektor, diantaranya :

  1. Periklanan
  2. Arsitektur
  3. Pasar Barang Seni
  4. Kerajinan
  5. Desain
  6. Fesyen
  7. Video, Film dan Fotografi
  8. Permainan Interaktif
  9. Musik
  10. Seni Pertunjukan
  11. Penerbitan dan Percetakan
  12. Layanan Komputer dan Piranti Lunak
  13. Televisi dan Radio
  14. Riset dan Pengembangan
  15. Kuliner

***

Bagaimana apakah usaha sampeyan termasuk kedalam sub-sektor yang sudah saya jabarin di atas? kalau ya, selamat sampeyan termasuk pelaku Industri Kreatif dan yuk mari lanjut baca lagi.

Nah jadi dari ke-15 sub-sektor tersebut saya jadi bisa menyimpulkan bahwa tentunya para pelaku usaha jual beli online di Indonesia ini termasuk juga kedalam pelaku Industri Kreatif.

Lalu apa nih rahasianya usaha cepet berkembang? kok dari dari tadi ditunggu-tunggu gak nongolin rahasianya.

Sabar-sabar mas/mbak, sampeyan pastinya sudah kesengsem sama judul yang saya buat, kan? Diem-diem itu termasuk rahasianya lho, yup, judul artikel atawa postingan yang bikin penasaran orang lain termasuk rahasia dalam usaha, khususnya dalam jual beli online yang memanfaatkan internet untuk media promosi. Ya iyalah, yang namanya online ya pake internet.

Jadi sebenernya begini mas/mbak. Saya menjabarkan tentang Industri Kreatif buat sampeyan biar tahu apa hubungannya Industri Kreatif sama rahasia usaha cepet berkembang yang bakalan saya kasih tahu di artikel ini.

Oke, agar lebih mengena, saya akan ngasih beberapa success story atau cerita sukses dari pelaku usaha yang termasuk ke dalam pelaku Industri Kreatif. Beberapa mungkin sudah pernah anda baca, dan beberapa mungkin bisa menginspirasi kita. Mari saya mulai success story ini dari Macaroni Factory.

1. Macaroni Factory



sumber: kaskus.co.id
 
Jika kamu seorang kaskuser dan tidak pernah melewatkan HT (Hot Thread) yang ada di kaskus, pastinya kamu pernah membaca success story dari juragan makanan ringan yang satu ini. Produk Macaroni Factory ini di hasilkan oleh Christopher So, seorang kaskuser yang ternyata masih kuliah. Sambil kuliah dia nyambi jualan makanan ringan dengan memanfaatkan teknologi internet. Yup, dia memanfaatkan kaskus, forum internet terbesar di Indonesia, untuk memasarkan produknya.

sumber : kaskus.co.id

Berawal dari jualan keripik di tahun 2010. Karena kurang menguntungkan, dia mencoba peruntungannya di tahun 2011 dan menghasilkan makanan ringan yang diberi nama Macaroni Factory. Macaroni Factory adalah makanan ringan berbahan baku makaroni. Dengan kejeliannya dia bisa memanfaatkan makaroni menjadi sumber pendapatan yang mencengangkan. Bagaimana tidak pada awal penjualananya saja omzet penjualan Macaroni Factory ini mencapai 15-20 juta perbulan bahkan sekarang sudah mencapai sekitar 100 juta perbulannya. Wow sekali bukan?

Lalu apa rahasianya usaha bisa menjadi sukses seperti itu? Saya kutip dari kaskus, menurut mas Christopher So untuk mencapai kesuksesan seperti yang dia dapatkan ada beberapa rahasianya, diantaranya:

1. Jujur
2. Buat promosi sebaik dan semenarik mungkin
3. Fast response, cepat tanggap terhadap permintaan dan keluhan
4. Tidak mudah menyerah

Cerita selengkapnya bisa kamu baca di sini : Success Stories: Macaroni Factory, Makanan Kecil yang Bikin Untung Besar

2. Kameha Shop

sumber : tokopedia.com

 Success story yang bisa menginspirasi kita selanjutnya datang dari seorang ibu rumah tangga. Beliau adalah ibu Sri Nurul Hidayah. Beliau adalah pemilik usaha Kameha Shop. Tahu gak mas/mbak? Ibu yang satu ini mengawali usahanya dengan tidak sengaja lho. Lhoh kok bisa? ceritanya pada tahun 2009 beliau ini pindahan ke rumah baru. Karena belum familiar dengan lingkungan sekitar dan tidak ada kesibukan, beliau iseng membuat pernak pernik dari kain flannel. Lama-kelamaan pernak pernik yang dihasilkan sampai menumpuk banyak, bahkan saking banyaknya sampai dimarahin sama suaminya. Dan oleh suaminya itulah beliau disarankan untuk menjual pernak pernik tersebut.

Tak dinyana, ternyata pernak pernik yang dibuat ibu ini laku semua, dan atas ijin suami akhirnya ibu ini meneruskan jualan pernak perniknya.

sumber : tokopedia.com

Penjualan pernak pernik ini semakin ramai setelah ibu ini mencoba memasarkannya di forum jual beli di internet. Bahkan saking ramainya, Kameha Shop sampai mempunyai beberapa karyawan dan bahkan nama mampu menjadikan usaha ini berbadan hukum dengan nama CV. Kameha Indonesia. Keren gak tuh? dari iseng saja bisa sampai jadi perusahaan beneran. Istimewa.
Nah lagi-lagi kita tahu rahasianya kan mas/mbak. Ya, promosi. Promosi di dunia maya ternyata bisa menghasilkan banyak pelanggan ya. Ck ck ck.

Cerita selengkapnya bisa kamu baca di sini : SriNurul Hidayah : Berawal dari Iseng, Kini Telah Menciptakan LapanganPekerjaan

3. Batik Kultur

sumber : beritasatu.com

Kalau success story yang ini datangnya dari gadis manis asal Semarang. Namanya Dea Valencia. Usianya masih muda lho mas/mbak. Waktu 2014 umurnya 19 tahun berarti kalau postingan ini saya publish sekarang di tahun 2015 berarti usianya baru 20 tahun ya.

Tapi jangan salah lho mas/mbak. Di usianya yang masih terbilang unyu-unyu ini ternyata dia sudah bisa mendapatkan omzet penjualan 3,5 M per tahun atau 300 juta perbulan. Duh dek, wow banget kan? pastinya dong ya.

Produk yang dihasilkan olehnya adalah pakaian batik. Berawal pada saat umurnya 16 tahun dia sudah berkreatifitas dengan membuat pakaian dengan hiasan batik. Batik-batik lawas yang sudah tidak terpakai dia manfaatkan kembali dan digabungkan dengan batik-batik lain yang akhirnya menghasilkan kreasi Batik Kultur. Yup, Batik Kultur adalah hasil kreasi dia. Dengan memanfaatkan dirinya sendiri sebagai model untuk pemasaran batiknya.

Lalu bagaimana cara pemasarannya? Lagi-lagi pelaku usaha yang satu ini memanfaatkan internet untuk media promosi. Dengan mempromosikannya melalui facebook dan instagram produknya bisa dikenal luas. Bahkan berkat usahanya ini dia mampu membuka lapangan kerja baru untuk lingkungan sekitarnya.

Cerita selengkapnya bisa kamu baca di sini : Dagang Batik, Gadis19 Tahun Ini Hasilkan Rp 3,5 Miliar

***

Bagaimana mas/mbak? Sekarang sudah tahu rahasianya usaha bisa cepat berkembang kan? Jadi kalau sampeyan pengen usahanya cepet berkembang harus pinter-pinter promosi. Dan pastinya jangan lupa memanfaatkan internet buat promosi usahanya. Banyak media promosi gratis yang bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan usaha kita kepada orang lain, sebut saja facebook, instagram, twitter, kaskus, tokopedia, blog gratisan semacam blogspot dan wordpres.

Jadi, dari sebagian kecil contoh success story yang saya berikan, sekarang kita tahu bahwa peran informatika dan telekomunikasi dalam industri kreatif itu sangatlah penting. Dan hampir sebagian besar pelaku usaha pasti mempromosikan usahanya menggunakan teknologi informasi yang semakin berkembang.

Coba bayangkan jika mereka tidak menggunakan internet untuk media pemasaran, pastinya yang ada adalah usaha mereka tidak berkembang seperti sekarang ini. Dan pasar hanya akan didominasi oleh pengusaha bermodal besar saja yang mampu memasarkan produknya melalui media massa cetak maupun televisi.

Dan terakhir, apakah kamu mau menjadi the next yang akan menceritakan success story-mu? Kalau mau, yuk berusaha.

Postingan ini diikut sertakan dalam "Blog Contest" dari STT Telematika Telkom Purwokerto dengan kategori "Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam industri Kreatif".

www.st3telkom.ac.id



Referensi : 
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kreatif
  2. http://www.kaskus.co.id/thread/54c77162a09a39703e8b4568/success-stories-macaroni-factory-makanan-kecil-yang-bikin-untung-besar
  3. https://blog.tokopedia.com/2013/09/sri-nurul-hidayah-berawal-dari-iseng-kini-telah-menciptakan-lapangan-pekerjaan/
  4. http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/161573-dagang-batik-gadis-19-tahun-ini-hasilkan-rp-35-miliar.html

2 Responses to "Ini Dia Rahasia Usaha Cepet Berkembang"

  1. thanks for the information and like the blog this website (greetings) .....

    ReplyDelete

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)