Tips Sederhana Memulai Menulis Blog

Nulis itu gampang-gampang susah lho guys. Nah makanya kali ini redaksi Komunitas Blogger Boja mau ngasih tips buat kamu biar lebih semangat buat mulai ngeblog. Ini coba disimak tips sederhananya:

1. Tulis yang kamu inget
Ngeblog nda perlu ribet guys, kamu cukup tulis apa yang kamu inget. Kalau kamu sudah mulai menulis nantinya ingetan kamu bakal dateng sendiri. Blogger pemula bisa ngandelin tips ini lho.

2. Buat catatan kecil
Ini dilakukan kalau semisal kamu sedang ada acara yang bikin kamu berkesan atau gak pengin kamu lupain. Misal kamu lagi liburan. Catet aja poin-poin yang bikin kamu berkesan. Biasanya sih ini buat kamu yang bener-bener niat ngeblog. Karena kalau gak niat banget pastinya males banget buat bawa catetan segala, bawa aja males apalagi buat nulisnya.

3. Sering main twitter
Nah, buat kamu yang males nyatet tapi suka bersosial networking, cara ini cocok buat ngasah tulisan dan ingetan kamu. Mengapa twitter? Sebenernya gak kudu twitter, cuman twitter yang membatasi jumlah karakternya malah ngasih keuntungan guys, kok bisa? Karena kalau kamu mau ngetwit pasti pilih-pilih poin yang penting biar muat dalam satu twit-an. Ya kan guys?

4. Jangan terpaksa
Yups, ini juga penting banget. Meski simpel, nulis itu kadang jadi pekerjaan yang lumayan berat. Kalau gak di niatin juga gak bakal kelar tulisannya, tapi inget guys, jangan sampai kegiatan tulis menulis jadi bikin kamu terpaksa. Inget, gak ada yang maksa kamu buat nulis lho. Jadi, keep calm and stay blogging.

5. Jadikan kebiasaan baru
Kalau kamu sudah terbiasa nulis, pasti tulisan kamu bakalan makin berkembang dan bakalan makin enak di baca. Jadi mulailah menulis dengan bahasa kamu sendiri, dan biasakan untuk rutin menulis, tapi inget guys jangan sampai terpaksa ya.

6. PD
Wah, kalau ini kudu banget. Kalau kamu gak PD sama tulisan kamu sendiri blog kamu gak bakalan asik lho. Kok bisa? Secara gak langsung apa yang kamu pikirkan bakalan mengalir ke tangan kamu dan mempengaruhi tulisan kamu guys, jadi kalau mau nulis PD-in aja, gaya nulis masing-masing orang beda-beda kok. Dan selera masing-masing orang juga beda, tenang aja, kalau tulisan kamu sudah dikenal kamu bakal punya fans tersendiri yang mengagumi keunikan gaya bahasa kamu.

7. Bercerita dengan foto
Kalau ini udah masuk ke teknis ngeblog guys. Gak sedikit orang yang kesulitan ngeblog karena kebingungan nyari materi buat ditulis. Kalau begitu, kamu bisa manfaatin foto-foto yang ada di hp kamu. Misal foto liburan, dengan adanya foto-foto itu kamu bisa ngisi blog kamu dengan foto-foto kamu itu, tapi jangan lupa kasih cerita, minimal beberapa kalimat lah guys, biar foto-foto kamu makin hidup dan bikin orang yang mbaca juga jadi tahu cerita tentang foto-foto kamu.

8. Hindari copas
Di sini maksudnya gak ngelarang kamu buat copas artikel orang lain lho guys, tapi maksudnya ini himbauan. Jadi sebisa mungkin kalau ngeblog jangan copas artikel orang lain guys, kalaupun terpaksa paling gak kamu juga harus kasih link sumbernya di postingan copas kamu. Inget lho guys, kamu aja kesusahan buat nulis masak tinggal comot aja dari orang lain yang juga susah nulis. Copas juga gak baik lho guys, selain merugikan penulis sebenernya, copas juga mematikan kreatifitas kamu sendiri. Jadi, sebisa mungkin hindari copas ya guys.

9. Tulis sekarang
Nah, tips ngeblognya udah kan guys, dan mumpung kamu lagi minat ngeblog, sekarang saatnya kamu nyoba nulis blog kamu sendiri.Semangat!

 *** Keep blogging guys \m/ ***


*) Tulisan ini pertama kali dipublikasikan di https://www.facebook.com/notes/komunitas-blogger-boja/tips-sederhana-memulai-menulis-blog/422328647933287

0 Response to "Tips Sederhana Memulai Menulis Blog"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)