Gratis Berobat Di Puskesmas Untuk Penderita Kusta

 

Menurut wikipedia, penyakit kusta atau lepra atau juga dikenal dengan nama penyakit hansen adalah penyakit yang di sebabkan oleh bakteri nakal yang dulunya diketahui bernama Mycobacterium leprae, Mi.kro.bak.te.ri.um.le.pra.e, nah begitu kalau gak salah cara mengejanya. Nama yang cantik tapi tak secantik akibat kenakalannya. Jika bakteri ini ditemukan pada tahun 1873 oleh orang pinter dari Norwegia yang bernama Gerhard Henrik Armauer Hansen.Ternyata pada tahun 2008, sekumpulan orang-orang pinter di Universitas Texas menemukan bakteri yang baru dan juga penyebab penyakit kusta. Namanya seperti yang tercantum di wikipedia adalah Mycobacterium lepromatosis, coba eja lagi, mi.ko.bak.te.ri.um.le.pro.ma.to.sis. Hmm, lagi-lagi nama yang cantik, tapi nakalnya naudzubillah!

***

Kusta ini jika tidak ditangani dengan benar bisa membuat orang yang menderita penyakit ini menjadi seperti mayat hidup, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Karena bagian tubuh yang sudah terinfeksi penyakit ini bisa mengalami kerusakan dan bahkan kulit bisa terkelupas karena saking ganasnya penyakit ini dan parahnya lagi bagian tubuh bisa pritil sendiri, hiii. Pritil itu ucul alias lepas. Coba bayangin kalau jarimu tiba-tiba luluh dan lepas dari tanganmu, plung, oh!

Website Kemenkes tentang berita kusta

Kusta, nama penyakit yang dulu pernah menghantui nenek moyang kita kini sudah bisa ditangani dengan baik oleh dokter-dokter modern. Bahkan di Indonesia penanganan untuk penyaki ini di tindak lanjuti pemerintah dengan memberikan pengobatan gratis di puskesmas-puskesmas. Gratis? Ya gratis! Seperti dikutip dari website kemenkes, berikut kutipannya:

"Berobatlah ke Puskesmas, obatnya gratis. Pengobatan kusta itu memang lama, jadi jangan menyerah!", tandas dr. Hariadi (sumber)

Jadi, buat penderita kusta, segeralah berobat ke puskesmas. Jangan menunggu sampai parah dan jangan memaksakan diri berobat ketempat yang mahal kalau tidak mampu untuk menuntaskan pengobatan. Karena kusta memerlukan waktu yang lama untuk sembuhnya.

***

Sms dari Menkes tadi pagi
Postingan ini terinspirasi dari sms nyasar KEMENKES yang masuk ke hape saya tadi pagi, dari sms tersebut saya jadi tahu kalau tanggal 25 Januari 2015 kemarin diperingati Hari Kusta Sedunia ke 62. Setelah googling sebentar dan mampir ke website kemenkes ternyata peringatan hari kusta sedunia diperingati setiap hari minggu pada pekan terakhir dibulan Januari, dan kebetulan tahun ini jatuh pada tanggal 25 Januari 2015.

Akhir kata, SELAMAT HARI KUSTA SEDUNIA KE 62. Semoga seluruh umat manusia terbebas dari kusta dan teman-temannya. Aamiin.


Referensi:
- http://www.depkes.go.id/article/view/15012300020/hari-kusta-sedunia-2015-hilangkan-stigma-kusta-bisa-sembuh-tuntas.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_Hansen
- http://penyakitkusta.com/

*) gambar pembuka nyomot di wikipedia

0 Response to "Gratis Berobat Di Puskesmas Untuk Penderita Kusta"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)