Membuat Wifi Laptop Menjadi Hotspot


Beberapa hari yang lalu saya diajak bos saya ketempat klien. Bos saya, sebut saja Pak H ini akan melakukan training software aplikasi yang sudah dibuat oleh kantor kami dan software ini adalah pesanan dari klien. Kebetulan yang terakhir memegang source code aplikasi tersebut adalah saya, sehingga yang diajak ke tempat klien tersebut adalah saya.

Aplikasi yang akan ditrainingkan ini berbasis web, sehingga mau tidak mau aplikasi ini memerlukan web server agar bisa bisa diakses oleh pengguna, sebut saja klien. Saya ceritakan sedikit kondisi jaringan di kantor klien. Kantor klien ini bertingkat empat dan terletak dipinggir jalan kota Jakarta. Kantor ini sudah mempunyai jaringan intranet dengan menggunakan kabel LAN. Dengan satu pc yang dijadikan server untuk tempat menampung file-file sharingan karyawan dan aplikasi proxy untuk akses ke internet. Dengan tidak adanya jaringan wifi yang aktif dikantor tersebut sungguh tidak memungkinkan laptop dari luar bisa terkoneksi dengan jaringan yang ada pada kantor tersebut. Padahal untuk melakukan training tersebut paling tidak kami memerlukan jaringan wifi, karena didalam ruang meeting yang akan digunakan untuk tempat training tidak terjangkau jaringan kabel LAN.
Dengan keterbatasan tersebut, Pak H meminta saya dengan menggunakan laptop saya untuk digunakan sebagai hotspot. Dengan file batch yang pernah saya buat dan dengan sedikit konfigurasi di laptop saya jadilah laptop saya sebagai hotspot sekaligus router untuk sarana training. Secara sederhana topologi jaringan dikantor klien sebelum training adalah seperti ini.

Topologi jaringan kantor sebelum training


Terlihat pada gambar, server terhubung langsung ke modem yang mempunyai akses internet dan terhubung juga ke PC karyawan dengan menggunakan switch hub sebagi terminalnya. Setiap PC karyawan dapat mengakses server yang beralamatkan IP 192.168.1.4. Ada satu PC karyawan yang saya gunakan untuk akses laptop saya ke server, lihat PC karyawan dengan IP 192.168.1.254. PC tersebut saya gunakan karena terletak di ruangan yang dekat dengan ruang meeting, sehingga memungkinkan hotspot dari laptop saya nantinya bisa sampai  ke ruang meeting. Untuk keperluan tersebut, jaringan kabel LAN pada PC tersebut saya cabut dan saya masukkan ke laptop saya, konfigurasi IP saya samakan sehingga laptop saya dapat mengakses server dengan lancar. Setelah dipastikan laptop saya bisa terhubung ke server selanjutnya adalah mengaktifkan hotspot pada laptop saya. Sehingga topologinya menjadi seperti ini.

Topologi jaringan saat digunakan untuk training
­­­­
Terlihat pada gambar tersebut, yang tadinya PC karyawan dengan IP 192.168.1.254 saya ganti dengan laptop saya dengan menyamakan konfigurasi pada IP nya.  Dengan mengaktifkan hotspot pada laptop saya dan klien menghubungkan wifinya ke hotspot yang saya buat maka klien yang berada diruang meeting sekarang bisa terhubung ke server dengan melalui laptop saya.
Lalu bagaimana caranya mengaktifkan hotspot pada laptop saya? Untuk melakukannya saya biasa menggunakan file batch buatan saya. Apa itu file batch? Untuk selengkapnya sampeyan bisa mencarinya di google mas bro, tapi intinya file batch ini berisi skrip yang bisa dijalankan di CMD pada sistem operasi Microsoft Windows. Jika sampeyan pengen menggunakannya silahkan copy saja skrip berikut kemudian di paste ke notepad dan Save As dengan nama sesuai keinginan, tapi jangan lupa belakangnya tambahi .bat (*baca dot bat) dan Save as typenya diganti All Files. Misal punya saya, saya namai hotspotku.bat.

Ini kodenya:

@echo off
:disclaimer
rem This mini tool was created by Richad Avianto - @aviantorichad
title @aviantorichad - HotspotKu
mode 65,8
echo Pastikan tool ini berjalan sebagai Administrator!
echo.
pause
goto setup

:setup
cls
echo Silahkan masukkan nama SSID dan Password sesuai keinginan anda.
echo ------- x = Exit
set "ssid=99"
set "pass=99"
set "aktif=99"
set/p "ssid=SSID        : "
if %ssid%==99 ( goto setup )
if %ssid%==x ( goto exit )
if %ssid%==X ( goto exit )
set/p "pass=Password[8] : "
if %pass%==99 ( goto setup )
if %pass%==x ( goto exit )
if %pass%==X ( goto exit )
set "mode=allow"
echo.
set/p "aktif=Aktifkan hotspot sekarang ?[y/n] "
if %aktif%==99 ( goto setup )
if %aktif%==x ( goto exit )
if %aktif%==X ( goto exit )
if %aktif%==n ( goto exit )
if %aktif%==N ( goto exit )
if %aktif%==y ( goto apply )
if %aktif%==Y ( goto exit )
goto setup

:apply
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=%ssid% key=%pass%
if %errorlevel% equ 0 ( goto start ) else ( goto msgno )
goto start

:start
netsh wlan start hostednetwork
goto finish

:finish
pause
if %errorlevel% equ 0 ( goto msgok ) else ( goto msgno )
goto exit

:msgok
msg * [SUKSES] Hotspot is ready to use with SSID : %ssid% and Password : %pass%
goto exit

:msgno
msg * [GAGAL] Password minimal 8 karakter dan ingat! Tool ini harus dijalankan sebagai Administrator

:exit
set ssid=
set pass=
set aktif=
exit

 
Save as hotspotku.bat

Selain membuat file batch untuk mengaktifkan hotspot, saya juga membuat file batch untuk mematikan hotspot tersebut. Silahkan copy skrip berikut dan paste pada notepad kemudian Save As dengan nama sesuai keinginan, sekali lagi jangan lupa tambahi .bat dan Save as typenya diganti All Files. Misal punya saya, saya namai killhostpotku.bat.

Ini kodenya:

@echo off
:disclaimer
rem This mini tool was created by Richad Avianto - @aviantorichad
title @aviantorichad - HotspotKu
mode 65,8
echo Pastikan tool ini berjalan sebagai administrator!
echo.
pause
cls
netsh wlan stop hostednetwork
pause


Save as killhotspotku.bat


Dengan dua file yang saya buat tadi saya bisa mengaktifkan dan mematikan hotspot pada laptop saya. Cara penggunaanya gampang mas bro. Begini caranya:
Untuk mengaktifkan hotspot
Klik kanan file batch yang sudah kita buat tadi kemudian pilih Run as administator (saya menggunakan Windows 7). Pada pertanyaan tentang User Account Control tekan Yes

Run as administrator

Tampilan awal file batch yang sudah dijalankan, tekan Enter untuk melanjutkan

Tampilan awal hotspotku.bat

Pada tampilan selanjutnya kita masukkan nama hotspot kita pada isian SSID kemudian tekan Enter (contoh : aviantorichad_hotspot)
Dan isikan password minimal 8 karakter kemudian tekan Enter (contoh: 12345678)  
Pada pertanyaan selanjutnya tekan Y untuk mengaktifkan dan tekan N untuk membatalkan.

Isian pada hotspotku.bat

Jika selesai prosesnya tekan Enter, maka akan muncul jendela pesan yang memberitahukan sukses atau tidaknya hotspot dijalankan.
Peringatan sukses pada hotspotku.bat


Peringatan gagal pada hotspotku.bat

Jika keterangannya sukses, coba akses hotspot tersebut dengan menggunakan laptop lain. Hubungkan dengan nama hotspot tadi dan masukkan key/password sesuai dengan password yang kita buat 
Pada kondisi saat ini laptop saya belum 100% bisa digunakan untuk mengakses jaringan dengan lancar, maka untuk membuatnya menjadi lancar saya mengatur IP pada laptop saya menjadi seperti ini.
IP yang pada jaringan LAN

Konfigurasi IP pada laptop saya yang terhubung dengan LAN

Sharing jaringan pada LAN yang terhubung ke server ke hotspot yang terhubung ke klien
 
Sharing jaringan LAN ke hotspot pada laptop saya

Konfigurasi IP yang pada hotspot (Virtual WiFi)
 
Konfigurasi IP pada Virtial Wifi yang saya jadikan untuk hotspot


Konfigurasi pada klien
Dan terakhir saya sambungkan laptop pada klien dengan hotspot dari laptop saya, sesuai dengan nama SSID dan key/password yang saya berikan pada hotspotku.bat tadi
Koneksi laptop klien dengan wifi yang sudah dibuat pada laptop saya
Dengan sedikit konfigurasi IP pada wireless laptop klien agar bisa terhubung dengan server melalui hotspot pada laptop saya.

Konfigurasi IP pada klien




Dengan konfigurasi yang seperti itu, saya bisa mengkoneksikan laptop klien di ruangan meeting dengan server. Buat sampeyan yang mencoba mempraktekan tapi mengalami kendala bisa disampekan mawon lewat kolom komentar.
Keep fight mas bro :)

Download file program yang sudah jadi:

0 Response to "Membuat Wifi Laptop Menjadi Hotspot"

Post a Comment

Tidak ada gading yang tak retak.Tak ada kesalahan yang tak terma'afkan. Hanya yang maha segalanya yang sempurna.

Mari kita pererat tali silaturahmi dengan meninggalkan komentar yang bermutu dan membangun :)