Memperbaiki Error ".. Virtual Device Driver format in the registry is invalid ..."

Artikel ini mungkin sudah ketinggalan jaman. Dimana sekarang orang sudah jarang memakai program 16 bit sekelas Foxpro 2.6 yang berjalan di mode DOS. Tapi tidak dinyana beberapa waktu yang lalu saya menerima orderan aplikasi yang di bangun menggunakan Foxpro 2.6.

Tidak seperti biasanya, program yang sudah dibangun tidak bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Padahal program tersebut berjalan lancar di windows 7 32 bit. Ya, client saya menggunakan windows XP SP2, saat dijalankan selalu muncul error "SYSTEM\CurrentControlSet\Control\VirtualeviceDrivers. Virtual Device Driver format in the registry is invalid. Choose 'Close' to terminate the application.".



Sebenarnya jika dipilih Ignore program yang saya buat bisa berjalan lancar, tetapi tentu ada yang kurang sreg jika setiap dijalankan keluar error tersebut.Berbekal akses internet akhirnya ketemu juga solusinya.

Begini cara penyelesaiannya:
1. Buka registry edit dengan cara klik Start lalu pilih Run dan ketikan regedit lalu enter
2. Masuk ke  HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control
3. Cek terlebih dahulu apakah ada key/folder dengan nama "VirtualDeviceDrivers", jika sudah ada hapus folder tersebut, kemudian klik kanan Control, pilih New -> Key

4. Klik kanan pada folder/key VirtualDeviceDrivers tersebut kemudian pilih New -> Multi-String Value

5. Beri nama VDD

6. Tutup regedit, Selesai :)
7. Program yang dijalankan sudah tidak muncul error lagi.


0 Response to "Memperbaiki Error ".. Virtual Device Driver format in the registry is invalid ...""

Posting Komentar